Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Menjinakkan Musang Akar Borneo, Jinak Total !

Musang akar borneo termasuk jenis musang yang banyak dicari oleh pecinta musang, karena bentuk wajahnya yang hampir mirip dengan monyet. 
Cara Mudah Menjinakkan Musang Akar Borneo

Cara menjinakkan musang akar borneo dengan mudah.

Pada dasarnya untuk menjinakkan musang akar borneo prinsipnya sama dengan menjinakkan musang pandan dan musang bulan.

1. Kandang tidak terlalu besar

Tempatkan selalu musang akar borneo yang ingin anda jinakkan pada kandang yang tidak terlalu besar agar mudah dipindah-pindahkan.

2. Memasukkan tangan

Masukkan tangan anda kedalam kandang. Coba dulu apakah musang akar borneo anda berusaha menggigit atau tidak? Jika musang berusaha menggigit, maka anda harus berhati-hati. Dan jika musang diam saja maka cobalah untuk membelai kepala dan tubuh musang dan cobalah untuk memberi makanan dan menyuapinya secara langsung.

3. Gunakan alat bantu

Musang yang masih galak akan selalu berusaha menggigit anda. Makanya saya biasa melakukan cara ini untuk menghilangkan sifat galak musang. Gunakan alat bantu seperti botol air minum mineral, kemudian pukul-pukulkan botol ke sisi luar kandang sehingga menimbulkan suara yang gaduh yang tidak disukai musang. Reaksi pertama musang akan kaget dan gelisah di kandang karena menimbulkan suara yang tidak disukai musang. Tetapi jika setiap hari cara ini dilakukan, akan membuat musang terbiasa dengan suara yang keras dan tidak mudah kagetan dan mengurangi potensi menggigit dengan spontan. Cara ini juga bisa membuat musang menjadi lebih jinak!

4. Pukulkan botol

Lakukan cara yang sama, pukul-pukulkan botol tetapi disisi bagian dalam kandang dan cobalah untuk mengelus-eluskan botol ke tubuh musang. Pada reaksi pertama mungkin musang akan mencoba menggigit botol, tetapi dengan berjalannya waktu, musang akan terbiasa dan tidak akan berusaha menggigit lagi. Lakukan cara 2,3 dan 4 setiap hari selama minimal 1 minggu dan rasakan sendiri perbedaannya. Oh iya,, Sodorkan juga benda-benda lainnya yang memiliki bentuk dan warna mencolok kepada musang.

5.Mengelus musang setiap hari

Saya yakin setelah melakukan langkah ke 2, 3, dan 4 kini musang akar anda sudah mau untuk dipegang didalam kandang. Jika itu benar, sekarang lanjutkan menyentuh atau memegang setiap bagian tubuh musang sembari melanjutkan membelainya agar musang terbiasa dipegang. Lanjutkan membelai atau mengelus musang setiap hari dan selama 1 minggu.

6. Penjinakkan diluar kandang

Lakukan proses penjinakkan diluar kandang. Pegang ekor musang kemudian tarik musang keluar kandang. Pada saat pertama kali musang dikeluarkan dari dalam kandang, maka musang akan bereaksi menjadi galak kembali dan musang akan berusaha untuk melarikan diri. Yang harus anda lakukan adalah dengan tetap menghandle musang dengan tetap memegangi ekor musang. Tunggu sampai musang kembali tenang setelah itu lanjutkan dengan mengelus tubuh musang sampai musang menjadi tenang. Untuk menjinakkan musang diluar kandang bisa memakan waktu hingga berminggu-minggu sampai berbulan-bulan, jadi anda harus sabar dan telaten!

7. Menyusui musang

Lanjutkan untuk mengeluarkan musang dari dalam kandang dan mengelusnya atau membelainya setiap hari. Oh iya,, berikan juga musang susu yang ditaruh di botol cuka untuk menyusui musang, cara ini juga akan membuat musang menjadi lebih jinak dan musang akan mengganggap anda sebagai induknya.

8. Membiasakan musang

Jika anda rajin melakukan proses penjinakkan seperti diatas, maka akan kelihatan hasilnya. Musang yang sudah mulai jinak biasa pada saat dikeluarkan dari dalam kandang akan tenang dan tidak melarikan diri lagi, bahkan akan cenderung mendekati anda dan bersembunyi pada anda. Jika sudah seperti itu! Anda tinggal membiasakan musang pada bagian tubuh anda seperti menggendongnya dan meletakkan di pundak anda, jangan lupa juga untuk selalu mengajak musang akar peliharaan anda bermain diluar rumah dengan catatan musang harus dipakaikan harnes agar tidak melarikan diri.

9. Mandikan musang akar borneo

Mandikan musang akar borneo setiap 2 hari sekali sampai musang menjadi jinak, baru diteruskan dengan 1 minggu sekali. Asal tau aja semakin musang dimandikan akan membuat musang semakin jinak.

Terimakasih telah membaca Cara Mudah Menjinakkan Musang Akar Borneo, Jinak Total !

Demikian artikel Cara Mudah Menjinakkan Musang Akar Borneo, Jinak Total ! ini, semoga bisa memberi manfaat dan tambahan informasi untuk anda semua. Jika ada pertanyaan silahkankan berikan komentar dibawah, sampai jumpa di artikel-artikel kami yang lain. Salam Sukses !

Artikel yang anda baca adalah Cara Mudah Menjinakkan Musang Akar Borneo, Jinak Total ! dengan alamat link https://www.indoternak.com/2016/06/menjinakkan-musang-akar.html

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Menjinakkan Musang Akar Borneo, Jinak Total !"