Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahan Belajar Ulangan Tengah Semester 3 Unggas Fakultas Peternakan UGM

Soal ilmu ternak unggas

Soal Soal Untuk Kamu Yang Sedang Mencari Materi UTS Semester 3 Unggas Fakultas Peternakan UGM 
(bu Har) :D
Belajar Ini aja haahaha apalin :D

Kelas ayam adalah sekumpulan atau sekelompok bangsa ayam yang dibentuk dan dikembangkan mula-mula didaerah tertentu yang karakteristik tiap-tiap bangsa dan sifat-sifatnya dapat diturunkan pada generasi berikutnya.

1). Kelas Amerika (American Class) : Plymouth Rock, Rhode Island

2) Kelas Mediteranean (Mediteranean Class) : Leghorn, Anconas

3). Kelas Inggris (English class) : Orpington, Sussex

4). Kelas Asia (Asiatic class) : Brahma, Cochin

Bangsa ayam adalah suatu kelompok ayam yang memiliki persamaan dalam bentuk morphologis, sifat physiologis dan bentuk anatomis yang karakteristik untuk tiap-tiap bangsa dan sifat-sifat persamaan ini dapat diturunkan pada generasi berikutnya.

Ex : Ayam Bukan Ras (Buras / Lokal), Ayam Ras

Varietas adalah sekelompok tanaman dari suatu jenis atau spesies yang ditandai oleh bentuk dan pertumbuhan tanaman, daun, bunga, buah, biji, dan ekspresi karakter atau kombinasi genotype yang dapat membedakan dengan jenis atau spesies yang sama oleh sekurang-kurangnya satu sifat yang menentukan dan apabila diperbanyak ...

1. Langshan. Terdapat varietas : Black dan White.

1. Brahma. Terdapat beberapa varietas : Buff dan Light.

Strain adalah merek dagang atau hasil seleksi dalam breeding untuk tujuan tertentu. Tujuannya pada umumnya cenderung untuk komersial atau nilai ekonomi tinggi (high producers).

Ex:
Asal Massasushet USA. Cobb 100 pedaging putih kotor.

Hubbard Leghorn putih (FS), Hubbard golden comet, coklat merah (FS Betina), Hubbard broiler putih kotor.

Lohman, Multibreeder, Bromo, CP (charoend phokphand).,Platinum. dan masih banyak lagi yang belum tertulis.

Teori Monopyletic

Dikemukakan oleh Charles Darwin (1868), dimana dikemukakan bahwa yang menurunkan bangsa-bangsa ayam atau ayam ayam sekarang ini adalah turunan dari jenis (species) gallus gallus.

Alasan :

A. Gallus gallus mudah dikawinkan secara bebas dengan bangsa ayam yang ada sekarang, sedangkan ketiga jenis yang lain sulit dilakukan.

B. Filia Pertama (F-1) antara Gallus gallus dengan bangsa ayam yang ada sekarang biasanya bersifat subur, sedangkan ketiga jenis yang lain bersifat mandul.

C. Pada ayam-ayam seperti Brown Leghorn dan Black Breasted, Red Games dalam beberapa hal terutama warna bulu mirip dengan gallus gallus.

D. Dari beberapa percobaan perkawinan pada ayam-ayam jinak sewaktu-waktu terdapat keturunan seperti Gallus gallus (Reversion)

Fungsi jengger pada ayam jantan adalah

Menarik perhatian lawan jenisnya (betina).

Pial (jengger) : Senjata ayam untuk melindungi diri dari musuhnya

Breeder memelihara ayam induk broiler dan petelur dalam sistem ren (jantan dan betina dalam satu kandang besar) dilengkapi sarang untuk menghasilkan tetas. Ayam ini dikenal dengan istilah ayam parent stock (PS). Ayam PS inilah menghasilkan ayam pedaging maupun jenis ayam petelur. Lalu dari mana ayam PS dihasilkan, kalau tokh anaknya adalah Final Stock? 

Ayam PS dihasilkan dari pembibitan induk ayam Grant Parent Stock (GPS). Sama sepertiayam PS, ayam GPS dipelihara dalam satu kandang antara jantan dan betina dengan perbandingan tertentu (sex ratio) 1 jantan : 10 betina. Ayam GPS dihasilkan oleh induk ayam tingkat pure line (PL). Secara hirarkis industri pembibitan ayam ras terdiri dari :

(1) tingkat Pure Line (PL) ayam galur murni yang memproduksi DOC Grand Parent Stock (GPS), 

(2) GPS yang memproduksi DOC Parent Stock (PS), dan 

(3) PS yang memproduksi DOC Final Stock (FS). 

(4) ayam FS inilah yang dibudidayakan oleh peternak untuk keperluan konsumsi daging dan telurnya.


Ginjal ada 3 lobus, di pelvis, lumbar, sacral, dihubungkan keluar dengan ureter, sehinga urin keluar ke kloaka lewat lubang urodaeum

Fungsi otot ayam :

Menggerakkan tubuh

Meningkatkan suhu tubuh

Membentuk tubuh

Jenis otot ayam :

Pectoralis(sternum dan keel): terbang

Pektineus/ambiens: bertengger

Dermal: menggerakkan bulu

Gastroknemius: otot paha/penopang tubuh

Pernapasan merupakan pengambilan oksigen dari udara dan pembuangan karbondioksida beserta uap air setelah diproses di paru-paru, rongga tulang, rongga dada, dan darah. Udara luar yang mengandung oksigen masuk ke saluran pernapasan yang didistribusikan ke sel-sel tubuh, sedangkan jalur lain melalui paru-paru yang berhubungan dengan rongga tulang dan rongga udara yang menyalurkan oksigen dibawa oleh darah untuk disalurkan ke seluruh tubuh. Gas karbondioksida dibuang ke udara luar melaui rongga udara, kemudian ke rongga tulang dan paru-paru yang akhirnya ke saluran pernapasan.

Sekian semoga bermanfaat dan Selamat belajar guys !

Terimakasih telah membaca Bahan Belajar Ulangan Tengah Semester 3 Unggas Fakultas Peternakan UGM

Demikian artikel Bahan Belajar Ulangan Tengah Semester 3 Unggas Fakultas Peternakan UGM ini, semoga bisa memberi manfaat dan tambahan informasi untuk anda semua. Jika ada pertanyaan silahkankan berikan komentar dibawah, sampai jumpa di artikel-artikel kami yang lain. Salam Sukses !

Artikel yang anda baca adalah Bahan Belajar Ulangan Tengah Semester 3 Unggas Fakultas Peternakan UGM dengan alamat link https://www.indoternak.com/2017/04/bahan-belajar-ulangan-tengah-semester-3.html

Post a comment for "Bahan Belajar Ulangan Tengah Semester 3 Unggas Fakultas Peternakan UGM"

Subscribe Kami