Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tidak Ada Rumput ? Belajarlah Membuat Silase !

Tidak Ada Rumput ? Belajarlah Membuat Silase ! - Hallo sahabat Indoternak !! Sesuai judulnya, Artikel yang anda baca ini "Tidak Ada Rumput ? Belajarlah Membuat Silase !", telah kami siapkan dengan baik untuk anda baca dan untuk anda ambil informasi didalamnya. Mudah-mudahan artikel lainnya pada kategori Artikel Info Menarik, Artikel Pakan, juga bisa anda baca dan dapat anda pahami.

Judul : Tidak Ada Rumput ? Belajarlah Membuat Silase !
Link : Tidak Ada Rumput ? Belajarlah Membuat Silase !

Ini Juga Bisa Anda Baca


Tidak Ada Rumput ? Belajarlah Membuat Silase !


silase adalah

Oke pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara bagaimana membuat silase.

Silase itu apa ya ? Silase adalah hijauan yang difermentasi agar tetap awet sehingga dapat dimanfaatkan pada masa mendatang. Silase dibuat jika produksi hijauan sedang berlimpah. Pengawetan terjadi karena terbentuknya asam laktat pada hijauan tersebut. Teknik ini jarang dilakukan oleh peternak karena biasanya jumlah hijauan yang tersedia di sekitar peternak relatif tak terbatas. Bahan untuk pembuatan silase adalah segala macam hijauan dan bahan dari tumbuhan lainnya yang disukai oleh ternak ruminansia seperti rumput, sorgum, jagung, biji-bijian kecil, tanaman tebu, tongkol gandum, tongkol jagung, pucuk tebu, batang nanas, dan jerami.

Cara membuat silase

Bahan untuk pembuatan silase digunakan setidaknya tiga jenis bahan sebagai berikut ;

1). Hijauan, terdiri atas bahan pakan dari hijauan makanan ternak (HMT) seperti rumput gajah, (pennisetum purpureum), rumput kolonjono (panicum muticum) atau jagung (Zea mays). Pakan hijauan ini merupakan sumber serat utama 

2). Konsentrat, terdiri atas dedak padi atau bekatul, onggok (ampas tapioka), ampas sagu, dan ampas tahu. Selain itu memperbaiki kandungan nutrisi, konsentrat juga berfungsi sebagai substrat penumpang proses fermentasi. 

3). Aditif, terdiri atas campuran urea mineral atau tetes.

apa sih silase

Komposisi Bahan

Rasio perbandingan hijauan konsentrat dan aditif yang digunakan adalah 7:2:1 atau 6:3:1 yang didasarkan pada persentase berat.

Pembuatan (pencampuran bahan) 

1. Campurkan bahan aditif dengan bahan konsentrat hingga merata. Setelah itu, hasil campuran bahan ditampilkan lagi dengan hijauan.

2. Jika kondisi hijauan kering tambakan air agar kadar akhir campuran mencapai 40%.

3. Masukkan bahan jelaskan dalam drum atau silau yang telah dilapisi plastik tebal.

4. Tutup dan tekan dengan kuat atau injak-injak Agar udara di luar Agar udara didalam keluar. 

5. Ikat plastik tersebut secara rapi rapat dan tidak ada udara masuk kedalam usahakan plastik tidak sampai bocor.

6. Tutup drum rapat rapat dan dengan penutupnya.


Pemeraman 

Bahan yang telah dimasukan ke dalam drum selanjutnya diperam (difermentasi) selama 3 minggu. Setelah itu, drum dapat dibuka dan jelasnya bisa langsung diberikan kepada ternak. Namun jika tidak langsung digunakan drum jangan dibuka silase yang berada pada kondisi tertutup dan rapat dapat bertahan hingga 4 sampai 8 bulan.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Silase

Setidaknya ada tiga hal mendasar yang perlu diperhatikan agar diperoleh kondisi asam dalam waktu singkat.

1. Menghilangkan udara dengan cepat (anerob). Penurunan pH yang tepat dapat membatasi perpecahan protein dan menghambat pertumbuhan mikroorganisme anaerob merugikan seperti enterobacteria dan clostridia.

2. Menghasilkan asam laktat yang membantu menurunkan PH. Produksi asam laktat yang berlanjut akan menurunkan PH yang dapat menghambat pertumbuhan semua bakteri.

3. Mencegah masuknya oksigen ke dalam silo dan menghambat pertumbuhan jamur selama penyimpanan. Silo merupakan wadah kedap udara. Wadah tersebut juga harus kedap rembesan cairan. Untuk memenuhi kriteria ini maka bahan plastik merupakan jawaban yang terbaik dan termurah serta sangat fleksibel penggunaannya walaupun bahan dari metal atau semen tetap baik untuk digunakan. Ukuran silo disesuaikan dengan kebutuhan.

Sekian dulu artikel cara pembuatan silase ini untuk teman-teman yang ingin mencoba membuat silase ya segera praktek aja terima kasih simak terus artikel-artikel di blog ini. Bagi kalian yang ingin berlangganan dengan blog ini agar selalu dapat updetan tentang blog ini, kalian bisa memasukkan email kalian dikolom yang disediakan lalu Submit, dan jeng jeng kalian bakal dapet update artikel artikel menarik disini hehe.




Terimakasih telah membaca Tidak Ada Rumput ? Belajarlah Membuat Silase !

Demikian artikel Tidak Ada Rumput ? Belajarlah Membuat Silase ! ini, semoga bisa memberi manfaat dan tambahan informasi untuk anda semua. Jika ada pertanyaan silahkankan berikan komentar dibawah, sampai jumpa di artikel-artikel kami yang lain. Salam Sukses !

Artikel yang anda baca adalah Tidak Ada Rumput ? Belajarlah Membuat Silase ! dengan alamat link https://www.indoternak.com/2017/04/tidak-ada-rumput-belajarlah-membuat.html

Post a comment for "Tidak Ada Rumput ? Belajarlah Membuat Silase !"