Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perawatan dan Persiapan Kandang Musang Akar Jawa Sumatra Borneo

musang akar borneo adalah

Indoternak.com - Arctogalidia trivirgata atau biasa disebut musang akar memiliki bentuk muka yang berbeda dengan musang lain yang ada di Indonesia sehingga musang akar mudah dikenali dengan melihat bentuk wajahnya saja. Musang akar juga memiliki ekor yang cukup panjang bila dibandingan dengan jenis musang jenis lain. Musang akar saat ini dapat ditemukan di daerah sumatera, kalimantan dan jawa. Tetapi musang akar Jawa sudah cukup sulit ditemukan di alam. Musang akar jawa memiliki warna putih kekuningan yang hal ini sangat berbeda dengan musang akar sumatra yaitu berwarna gelap sehingga memiliki harga yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan musang akar jenis lainnya. 

Musang akar Jawa dewasa yang memiliki karakter galak saja dibanderol 1,5juta per ekornya. Sedangkan musang akar jawa yang karakternya jinak sekali dihargai 2-7 juta per ekornya. Musang akar yang berasal dari kalimantan juga memiliki warna yang berbeda, biasanya musang akar Borneo memiliki warna keabuabuan sedangkan musang akar yang berasal dari sumatera biasanya memiliki corak warna lebih kecoklatan. Harga pasaran musang akar dari kalimantan dan sumatera di Jawa dapat dikatakan sama atau tidak jauh berbeda. Harga berkisar antara 1,2 juta hingga 2 juta per ekornya. 
jenis musang akar

Perawatan :
-Untuk musang akar yang belum melek sebaiknya diberikan susu secara rutin 3-5 kali sehari dan belum perlu diberi pakan. 
-Pastikan pemberian susu diberikan secara teratur karena pada masa ini musang akar sangat membutuhkan susu dan jika terlambat bisa mati. Pada masa ini sangat dianjurkan untuk diberikan penghangat seperti lampu dan pastikan alas yang digunakan selalu dalam keadaan kering. 
-Akan lebih baik jika pada masa ini musang akar diasuh oleh kucing dengan mothering ability yang baik yang sedang menyusui anaknya.
-Untuk musang akar yang sudah melek, belum bisa makan sendiri dan sekiranya sudah waktunya diberi makan penanganannya yaitu dengan memberikan pisang yang sudah dipenyet agar baby muskar lebih mudah melahapnya. 
-Berikan pisang penyet 3-4 kali sehari dan tambahkan susu yang diberikan menggunakan dot hewan agar mempermudah pemberian.
perawatan musang akar sumatra

Kandang : 
-Jika masih bati bisa ditaruh kardus dan diberi penghangat.
-Penghangat bisa kain maupun lampu belajar, namun untuk lampu usahakan jangan langsung kena sinar karena akan sangat silau dan membuat musang tidak nyaman.
-Yang terpenting adalah menjaga kebersihan agar musang tetap sehat dan hidup nyaman sampai besar :).

Tulisan ini berdasarkan pengalaman penulis memelihara musang, penulis ingin banyak membagikan cara mengenai perawatan seputar musang dikarenakan musang adalah salah satu hewan unik yang cocok sekali untuk dipelihara menjadi hewan kesayangan. Namun penulis mengharapkan apabila ingin memelihara hewan kesayangan pelajari dulu cara perawatannya agar berhasil dan hidup lestari.

Ditulis Oleh : Muh. Hafidz

Terimakasih telah membaca Perawatan dan Persiapan Kandang Musang Akar Jawa Sumatra Borneo

Demikian artikel Perawatan dan Persiapan Kandang Musang Akar Jawa Sumatra Borneo ini, semoga bisa memberi manfaat dan tambahan informasi untuk anda semua. Jika ada pertanyaan silahkankan berikan komentar dibawah, sampai jumpa di artikel-artikel kami yang lain. Salam Sukses !

Artikel yang anda baca adalah Perawatan dan Persiapan Kandang Musang Akar Jawa Sumatra Borneo dengan alamat link https://www.indoternak.com/2017/06/perawatan-dan-persiapan-kandang-musang.html

2 comments for "Perawatan dan Persiapan Kandang Musang Akar Jawa Sumatra Borneo"

  1. foto muskar ane tuh ,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin iya mas, dulu ditawarin di FJB saya ambil mas :D

      Delete

Subscribe Kami