Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Saat burungmu ESCAPE apa yang harus dilakukan ?

burung_escape_freeflight

Indoternak.com - Halo sobat ternakers pada kesempatan kali ini saya mau berbagi cerita pengalaman tentang burung yang escape.

Burung escape sudah tau kan artinya ? Yaps burung yang terbang menghilang tanpa arah :'). Kebetulan sekali saya menuliskan cerita pengalaman ini pada saat setelah mengalami escape burung betet muda (*1 juta melayang oi).

Cerita itu bermula ketika seperti biasa saya memberikan lolohan/spet lolohan yang berisi pakan khusus paruh bengkok dengan cara fly to me (FTM), yap dalam tahap melatih burung pertama kali untuk mendapat skill freeflight (FF) burung harus dilatih fly to me (ftm) terlebih dahulu.

burung_escape_freeflight

Nah pada saat saya melatih FTM burung terlihat biasa saja sih tidak ada tanda-tanda burung mau escape dan saya juga tidak ada perasaan burung ini mau escape. Oiya waktu itu salah saya adalah melatihnya di semi outdoor (alias dekat pintu terbuka). Pada saat FTM pertama kali berhasil mulus mendarat ditangan, FTM kedua mulai nyleneh tidak beraturan terbang nabrak tembok, nah nasibb pada saat FTM ketiga burung kupanggil namanya malah menuju pintu terbuka. Bablassssss kaborr bebas mengudara tidak tau kemana terbangnya arrrrggghhhh !!!!. Pada waktu itu saya kejar kearah kurang lebih terbangnya saya panggil-panggil tidak ada respon dari si burung betet bernama BEAN ini, kesalahan kedua saya adalah belum saya latih respon terhadap peluit. Kemudian saya berfikir ini mungkin memang karena belum rejekinya jadi escape gini, namun saya tetap berharap burung ini tau jalan pulang dan balik lagi kekandangnya :''') dan kujual aja. (penulis saat menulis ini masih dalam keadaan stresss burung ilang).

Bagi teman-teman yang saat ini sedang mengajari burungnya FTM ada beberapa tips dari saya untuk menghindari kejadian burung escape seperti ini. 

1. Cara pertama cobalah untuk "terapi lapar" pada saat sebelum FTM, yaitu pada saat ingin dilatih FTM berikan makan burung 1x saja agar respon spet meningkat dan burung lebih responsif.

2. Wajib untuk melatih respon terhadap peluit (kesalahan saya pada waktu belum saya latih respon peluit jadi pada saat burung terbang burung tidak mendengar panggilan saya karena jauhnya jarak)

(Tips: Latihlah dengan nama, dan peluit ultrasonik)

burung_escape_freeflight

3. Saat ingin melatih burung usahakan anda sedang santai tidak dalam tekanan kesibukan, karena jika anda tidak santai alias masih banyak kesibukan disamping latihannya tidak maksimal juga bisa ada kemungkinan ketledoran terhadap aktivitas burung yang tidak bisa diprediksi ini.

4. Latihlah burung anda dengan penuh kesabaran, latih FTM dengan jarak dekat dulu baru setelah dirasa burung bisa terbang latih dengan jarak agak jauh.

5. Jika dirasa burung masih belajar terbang JANGAN SEKALI-KALI melatih OUTDOOR alias diluar rumah.

6. Latihlah burung INDOOR dilalam rumah dahulu jangan tergesa-gesa untuk melatih burung yang masih muda labil ini diluar rumah jika tidak ingin menyesal.

7. Siapkan mental yang kuat jika burung anda escape, memelihara burung tipe Skill memang resiko terbesarnya adalah burung escape.

8. Jika terjadi escape sikapi dengan lapang dada dan jiwa kesatria alias TUKU MENEH (beli lagi)

9. IKHLASIN !

10. Jangan kapok (memang untuk mendapatkan kepuasan batin kita perlu mendapat kepuasan dari hobi kita walaupun kadang hobi itu mahal harganya J

Oke sekian dulu artikel yang bisa saya bagi kepada anda para ternakers mudah-mudahan bermanfaat dan tetap semangat ! Salam Ternakers, Salam Mebur duwur !

Selalu kunjungi INDOTERNAK.COM karena anda akan mendapat banyak hal mengenai ternak dan hobi bersama hewan kesayangan anda . Dan jangan lupa baca juga Cara Melatih Burung Agar Bisa Skill Free Flight (FF)

Terimakasih telah membaca Saat burungmu ESCAPE apa yang harus dilakukan ?

Demikian artikel Saat burungmu ESCAPE apa yang harus dilakukan ? ini, semoga bisa memberi manfaat dan tambahan informasi untuk anda semua. Jika ada pertanyaan silahkankan berikan komentar dibawah, sampai jumpa di artikel-artikel kami yang lain. Salam Sukses !

Artikel yang anda baca adalah Saat burungmu ESCAPE apa yang harus dilakukan ? dengan alamat link https://www.indoternak.com/2017/07/burung-escape-apa-yang-harus-dilakukan.html

Post a comment for "Saat burungmu ESCAPE apa yang harus dilakukan ?"

Subscribe Kami