Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Seputar Ilmu Teknologi Susu Pertanyaan yang sering muncul

Seputar Ilmu Teknologi Susu Pertanyaan yang sering muncul

1. Mengapa susu segar yang masuk ke Industri Pengolahan Susu (IPS) perlu dilakukan uji kualitas ? 

Jawab : Uji kualitas susu merupakan suatu faktor penting dalam rangka penyediaan susu sehat bagi konsumen dan hal ini sangat diperlukan untuk lebih memberi jaminan kepada masyarakat bahwa susu yang dibeli telah memenuhi standar kualitas tertentu.

2. Bagaimana cara mendeteksi penambahan air pada susu segar ?

Jawab : Pertama-tama sampel susu dimasukkan kedalam labu erlemeyer 250 ml dan 500 ml, kemudian masukkan lagi sampel susu tersebut kedalam tabung reaksi yang berukuran 100 ml dan 250 ml, lalu masukkan laktodensimeter kedalam sampel susu untuk diukur berat jenisnya, dan terakhir pratikan mengukur suhu dari sampel susu dengan menggunakan thermometer dan kemudian catat hasil dari pengukuran berat jenis dan suhu sampel susu tersebut.

    Dennis, S. (1996), menyatakan bahwa dengan dilakukannya penambahan air pada cairan yang mengandung lemak mengakibatkan terjadinya penurunan kadar bahan kering dan berat jenisnya.
    Muhammad, W. (1995), menyatakan bahwa apabila terjadinya penambahan air pada susu akan mengakibatkan berat jenis dan kadar lemaknya menjadi menurun sehingga mengakibatkan kualitas susu menjadi berkurang.

3. Kenapa evaporasi susu perlu dilakukan dalam kondisi vakum ?

Jawab : Evaporator dioperasikan pada kondisi vakum untuk menurunkan temperatur didih larutan, evaporasi secara vakum memungkinkan penguapan dengan temperatur rendah.

4. Apa keunggulan dari multi-effect evaporator ?

Jawab : Menggunakan uap pada tahap untuk dipakai pada tahap berikutnya. Semakin banyak tahap maka semakin rendah konsumsi energinya. Biasanya maksimal terdiri dari tujuh tahap, bila lebih seringkali ditemui biaya pembuatan melebihi penghematan energi.

5. Apa tujuan homogenisasi susu jelaskan !

Jawab : Susu Homogenasi adalah suatu perlakuan untuk menyeragamkan ukuran globula lemak yang semula bervariasi dari 4-8 mikron menjadi 2 mikron. Tujuannya untuk menghindari pemecahan lemak dan terbentuknya lapisan krim (creaming) bila susu didiamkan. Homogenisasi tidak hanya dapat menghambat creaming melalui pemecahan globula lemak melainkan juga melalui pencegahan pembentukan flokula oleh aglutinasi.

6. Apa yang dimaksud dengan emulsifikasi susu ?

Jawab : Emulsi cair merupakan emulsi dengan fase terdispersinya maupun pendispersinnya berupa fase cairan yang tidak saling melarutkan karena kedua fase  bersifat polar dan  non polar. Susu adalah emulsi minyak didalam air terdiri dari lemak sebagai fase terdispersi dalam air jadi butiran minyak didalam air.

7. Sebutkan 2 macam bakteri starter dalam proses pembuatan yogurt !

Jawab :  Bakteri starternya adalah Streptococcus thermophillus dan Lactobacillus bulgaricus. Bakteri Lactobacillus bulgaricus akan berperan dalam pembentukan aroma yoghurt, sedangkan Streptococcus thermophillus berperan dalam pembentukan rasa dari yoghurt.

8. Suatu pabrik pengolahan susu bubuk mempunyai kapasitas produksi 3 ton/jam, kapasitas evapor 21ton/jam. Jika padatan total (Total Solid) dari susu bubuk 98% berapa persen (%) Total Solid dari susu standarisasi yang perlu disiapkan ?

Jawab :
Diketahui :
-evaporator capacity : 21ton/jam = 21000kg
-output produksi 3ton/jam = 3000kg
Total Solid = 98%

Rumus = TS x Output Produk
                  evaporator capasity

98 x 3000   = 14%
  21000




Terimakasih telah membaca Seputar Ilmu Teknologi Susu Pertanyaan yang sering muncul

Demikian artikel Seputar Ilmu Teknologi Susu Pertanyaan yang sering muncul ini, semoga bisa memberi manfaat dan tambahan informasi untuk anda semua. Jika ada pertanyaan silahkankan berikan komentar dibawah, sampai jumpa di artikel-artikel kami yang lain. Salam Sukses !

Artikel yang anda baca adalah Seputar Ilmu Teknologi Susu Pertanyaan yang sering muncul dengan alamat link https://www.indoternak.com/2017/10/pertanyaan-seputar-teknologi-susu.html

Post a comment for "Seputar Ilmu Teknologi Susu Pertanyaan yang sering muncul"

Subscribe Kami