Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rahasia Ayam Petelur Afkir Bisa Produksi Telur Lagi

Ayam afkir adalah ayam petelur yang tidak cukup kuat lagi untuk berproduksi. Ayam awalnya sanggup memeproduksi 85% hingga dengan 100% telur perharinya, tetapi ketika esok hari kemudian, sejumlah ekor ayam petelur tersebut hanya sanggup memproduksi kurang lebih 25% telur perharinya, bahkan sama sekali tidak sanggup berproduksi lagi.
Rahasia Ayam Petelur Afkir Bisa Produksi Telur Lagi
Banyak peternak ayam petelur yang ketika menghadapi persoalan semacam ini, mereka hanya langsung mengambil jalan pintas saja, yaitu dengan melakukan penjualan pada pengkomsumsi daging ayam. Mereka tidak sempat berpikir atau tidak mencari solusi supaya ayam petelur yang mengalami keafkiran bisa dibantu dengan sebuah metode tertentu supaya bisa kembali aktif berproduksi.

Berikut adalah Rahasia Ayam Petelur Afkir Bisa Produksi Telur Lagi 

1. Melepaskan semua ekor ayam petelur

Melepaskan semua ekor ayam petelur dari kandangnya. Ada pun tujuan dengan melepaskan sejumlah ekor ayam petelur dari kandangnya adalah supaya mereka bisa leluasa bergerak serta merefres diri di alam bebas.

2. Memberikan pakan dari ampas kelapa

Hal selanjutnya yang dilakukan adalah dengan memberikan pakan dari ampas kelapa. Ampas kelapa adalah kelapa parut yang telah diperas airnya.Tujuan pemberian ampas kelapa pada ayam afkir tersebut adalah supaya semua bulu-bulunya bisa rontok. Kerontokan bulu pada ayam afkir tersebut berfungsi untuk meremajakan kondisi tubuh atau membantu kondisi ayam supaya bisa kembali stabil serta lebih berenergi.

3. Memberi pakan dari dedak

Kurang lebih satu bulanan, bulu-bulu ayam tersebut bakal rontok. Seusai terjadi kerontokan bulu, kamu bisa memberi pakan dari dedak yang dicampur dengan air mineral secukupnya pada ayam afkir tersebut. Selama satu bulan dalam pemberian pakan berupa dedak itu, bulu-bulu ayam bakal tumbuh kembali. Kamu bisa memberikan pakan yang berupa dedak hingga bulu-bulunya kembali normal.

4. Masukkan ke dalam kandang semula

Di saat bulu-bulu ayam afkir tersebut telah tumbuh dengan normal, masukkanlah sejumlah ekor ayam petelur tersebut ke dalam kandang semula. Perlakukanlah dengan perawatan atau pemeliharaan seperti biasanya.

5. Ganti pakan

Tentang pakannya, jangan samakan jenis pakan yang diberikan pada waktu tetap aktif berproduksi. Beri perubahan pada pakan ayam petelur tersebut atau berbagi jenis makanan atau pakan yang lain. Sebab dengan memberikan pakan yang sama seperti pakan  yang sering diberikan ketika masih aktif bertelur, itu sama artinya mengulang masa lalu.

Anda bisa saja memberi pakan yang sama seperti pada ketika masih aktif berproduksi, akan tetapi tambahkan dengan mineral alias zat-zat lain supaya terjadi perubahan pakan.

Seusai anda melakukan perawatan atau pemeliharaan yang baik seperti biasanya serta memberikan pakan yang tidak sama dengan pakan yang rutin dikomsumsi ketika tetap aktif bertelur, kamu tinggal menantikan hasilnya. Insya Allah, ayam-ayam petelur kamu bakal kembali berproduksi seperti semula serta sanggup mencapai 85% hingga dengan 100% telur tiap harinya.

Terimakasih telah membaca Rahasia Ayam Petelur Afkir Bisa Produksi Telur Lagi

Demikian artikel Rahasia Ayam Petelur Afkir Bisa Produksi Telur Lagi ini, semoga bisa memberi manfaat dan tambahan informasi untuk anda semua. Jika ada pertanyaan silahkankan berikan komentar dibawah, sampai jumpa di artikel-artikel kami yang lain. Salam Sukses !

Artikel yang anda baca adalah Rahasia Ayam Petelur Afkir Bisa Produksi Telur Lagi dengan alamat link https://www.indoternak.com/2018/06/ayam-petelur-afkir-bisa-produksi-telur-lagi.html

6 komentar untuk "Rahasia Ayam Petelur Afkir Bisa Produksi Telur Lagi"

  1. gmna caranya pak mrmberi ampas kelapa d campur sama pakan apa amoadnya aja..mksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. -Ampas kelapa dikeringkan ditambah amino (bisa yang bubuk yang cair)
      -Rebus air dalam panci kukus hingga mendidih selama 25-30 menit dimulai sejak air mendidih
      -Angkat, dinginkan, simpan dalam wadah kedap udara, tunggu selama minimal 24 jam. (pastikan penangangan ini kedap udara)
      -Sebelum dimasukkan kewadah agar diaduk (dalam skala besar gunakan mesin mixer) agar semua bahan homogen.
      Terakhir, hasilnya sudah bisa diberikan ke unggas Pak

      Hapus
  2. gmna pak ampas kelapanya d campur pakan apa gak mksih

    BalasHapus
  3. Kalau di cuma dilepas di alam bebas gimana oak

    BalasHapus
  4. klo pakan nya cuma dedak ayam tinggal tulang saja.3 hari sdh cukup buat ayam kurus kering

    BalasHapus