Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memilih Sapi Induk Yang Bagus dan Berkualitas

Memilih Sapi Induk Yang Bagus dan Berkualitas - Hallo sahabat Indoternak !! Sesuai judulnya, Artikel yang anda baca ini "Memilih Sapi Induk Yang Bagus dan Berkualitas", telah kami siapkan dengan baik untuk anda baca dan untuk anda ambil informasi didalamnya. Mudah-mudahan artikel lainnya pada kategori Artikel Info Menarik, Artikel Sapi, juga bisa anda baca dan dapat anda pahami.

Judul : Memilih Sapi Induk Yang Bagus dan Berkualitas
Link : Memilih Sapi Induk Yang Bagus dan Berkualitas

Ini Juga Bisa Anda Baca


Memilih Sapi Induk Yang Bagus dan Berkualitas

Hal terpenting dalam memahami mana Indukan sapi yang bagus dari jantan ataupun betina anda harus memperhatikanya mulai dari genetik dan postur tubuhnya dengan memperhatikan kedua hal tersebut akan semakin mudah dalam menentukan tanda dan ciri sapi jantan dan betina yang bagus dan unggul. Ada berbagai ciri dan tanda untuk menentukan indukan yang bagus dan berkualitas super.
Memilih Sapi Induk Yang Bagus dan Berkualitas
Mempunyai warna yang sesuai dengan jenis dan varietasnya, umpama jenis sapi PO mempunyai warna putih, jenis sapi bali mempunyai warna merah bata, sapi madura mempunyai warna kecoklatan, dan jenis sapi limousin merah bata dan kecoklatan sampai kehitaman. Berikut ini kami akan memberikan ciri  ciri atau tanda-tanda indukan sapi yang berkualitas dan bagus bahkan sangat baik untuk bakalan indukan dalam peternakan di antaranya sebagai berikut.
  1. Mempunyai bentuk dan ukuran yang relatif besar dan proporsional sesuai dengan kriteria yang di cari.
  2. Tidak adanya kecacatan atau tidak normal di baian apapun, sebab akan sangat mempengaruhi produktivitas sapi yang bakal di kembangkanbiakan atau di budidayakan.
  3. Dalam kondisi sehat, misalnya seperti nafsu makan tinggi, mata bersinar cerah, gerakan lincah baik jantan dan betina dan bebas dari penyakit atau hama yang menyerang indukan sapi.
  4. Pertambahan bobot badan secara rutin meningkat pada umur yang telah ditentukan.
  5. Indukan betina yang ideal biasanya berusia 18 – 24 bulan dengan ditandai bunting yang pertama, kemudian sudah menlahirkan atau beranak 2- 3 kali.
  6. Indukan jantan yang ideal biasa berusia 18 bulan yang dapat ditandai dengan bentuk dan ukuran yang besar, reproduksi spermatozoa bagus, dan telah sanggup mengawini indukan betina. Dan indukan jantan juga ditandai dengan mampunya mengawini indukan betina lebih dari satu, dan melakukan afkir indukan jantan kurang lebih umur 5 -6 tahun sebab spermatozoa yang dihasilkan tak akan berkualitas lagi.
  7. Tingkat berahi betina jauh lebih tinggi dan libido juga tinggi pada indukan jantan.
  8. Indukan sapi yang terbaik tidak mempunyai bentuk dan kriteria yang terlalu gemuk, sebab kemungkinan gemuk pada indukan betina lebih cendrung mengalami mandul atau majer.
Apabila sudah melakukan pemilihan indukan sapi yang bagus dan berkualitas, indukan sapi sebaiknya dirawat dengan manajemen perawatan yang benar mulai dari peralatan, kandang, pakan dan pemberian nutrisi untuk mempercepat pertumbuhan dan menambah hasil produktivitas baik daging dan susu.

Terimakasih telah membaca Memilih Sapi Induk Yang Bagus dan Berkualitas

Demikian artikel Memilih Sapi Induk Yang Bagus dan Berkualitas ini, semoga bisa memberi manfaat dan tambahan informasi untuk anda semua. Jika ada pertanyaan silahkankan berikan komentar dibawah, sampai jumpa di artikel-artikel kami yang lain. Salam Sukses !

Artikel yang anda baca adalah Memilih Sapi Induk Yang Bagus dan Berkualitas dengan alamat link https://www.indoternak.com/2018/06/cara-memilih-indukan-sapi-yang-bagus.html

Post a comment for "Memilih Sapi Induk Yang Bagus dan Berkualitas"