Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengawinkan Musang dan Ciri-Ciri Musang Bunting

Cara Mengawinkan Musang
Bagi anda Pecinta Musang, hal yang perlu anda lakukan untuk menjadi pecinta musang sejati adalah beternak Musang ! Ya musang bisa dikawinkan dan dikembang biakkan dan sudah banyak yang berhasil mengembangbiakkan musang ini. 

Berikut adalah bagaimana cara nya mengawinkan musang :

Yang harus diperhatikan dalam mengawinkan musang yaitu:

1. Umur atau usia musang.

Musang harus cukup umur untuk bisa dikawinkan, untuk jantan minimal berusia 1 tahun, dan untuk betina harus berusia 15 bulan. Musang yang belum cukup usia, walaupun bisa di kawinkan kemungkinan besar akan gagal, cacat, anak musang mati diusia muda dan lain-lain.

2. Masa birahi musang. 

Dalam proses mengawinkan musang yang harus diperhatikan adalah masa birahi musang. Musang yang birahi artinya sudah siap untuk dikawinkan, musang memiliki masa birahi selama 6 bulan. Adapun ciri-ciri musang yang sedang birahi, seperti berikut:

*Ciri-ciri musang pandan yang sedang birahi bisa dilihat dari tingkah lakunya yang semakin agresif, galak dan berpotensi menggigit serius. Untuk itu musang yang sedang birahi sebaiknya segera dicarikan pasangan untuk dikawinkan.

*Tingkah lakunya yang aneh, seperti ketika diajak main musang sering menaiki kaki dan menjalan mundurkan badannya.

*Musang yang sedang birahi seringkali mengeluarkan suara suara jeritan yang menandakan siap untuk kawin.

*Musang yang sudah siap untuk dikawinkan, dapat dilihat pada alat kelam'in musang yang berwarna merah dan bengkak.

*Masa birahi musang berlangsung selama 6 bulan, bisa naik turun tergantung hormonalnya.
Cara Mengawinkan Musang

Cara Mengawinkan Musang

1. Tempatkan musang jantan dan betina dikandang yang berbeda, jangan dicampurkan dulu karena bisa berkelahi.

2. Tempatkan dan dekatkan musang jantan dan betina berjejer atau beriringan, agar musang jantan dan betina saling mengenal dahulu.

3. Lihat reaksi musang saat pertama kali dipertemukan, biasanya musang akan saling menjaga daerah teritorialnya masing-masing, musang akan menunjukkan rasa ketidak nyamanannya dengan aktif mondar-mandir didalam kandang dan menyembur nyembur gitu.

4. Proses ini bisa berlangsung selama 2 minggu bahkan berbulan-bulan sampai musang mengenal satu sama lain.

5. Setelah musang saling mengenal dan siap untuk dikawinkan, dengan ditandai tingkah laku musang yang lebih tenang dan sudah saling mendekatkan diri tanpa ada penolakan berarti, maka segera pisahkan atau pindahkan kedua musang jantan dan betina tersebut kekandang yang lebih besar untuk memudahkan proses perkawinan.

6. Proses perkawinan musang. Musang jantan akan menaiki tubuh musang betina dari belakang, yang paling khas dari proses ini adalah suara lenguhan dan jeritan musang yang menandakan proses perkawinan sedang berlangsung.
Cara Ini bisa dilakukan di semua jenis musang yang akan dikembangbiakkan atau dikawinkan.

Ciri-Ciri Musang Bunting.

*Ciri-ciri musang yang sedang bunting, bisa di lihat secara emosional musang betina yang sedang hamil akan lebih agresif terhadap musang jantannya, jika itu terjadi segera pisahkan keduanya.

*Secara fisik, setelah beberapa minggu dari proses perkawinan musang akan bunting. Cirinya adalah perutnya yang semakin membesar, dan puting susunya yang semakin menonjol.

    Terimakasih telah membaca Cara Mengawinkan Musang dan Ciri-Ciri Musang Bunting

    Demikian artikel Cara Mengawinkan Musang dan Ciri-Ciri Musang Bunting ini, semoga bisa memberi manfaat dan tambahan informasi untuk anda semua. Jika ada pertanyaan silahkankan berikan komentar dibawah, sampai jumpa di artikel-artikel kami yang lain. Salam Sukses !

    Artikel yang anda baca adalah Cara Mengawinkan Musang dan Ciri-Ciri Musang Bunting dengan alamat link https://www.indoternak.com/2018/06/cara-mengawinkan-musang.html

    Post a comment for "Cara Mengawinkan Musang dan Ciri-Ciri Musang Bunting"

    Subscribe Kami