Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Deskripsi Landak Jawa dan Cara Memelihara Landak Jawa

Landak Jawa merupakan hewan eksotis yang berada di Indonesia yang lucu dan menggemaskan apabila dirawat dengan baik, ya meskipun saat ini banyak landak-landak hias yang dijual dipasaran memelihara landak jawa tetap menjadi tantangan dan kepuasan sendiri apalagi berhasil mengembangbiakkannya. Landak jawa termasuk kelompok hewan rodentia / pengerat seperti tikus dan tupai. Landak jawa ini memiliki ukuran panjang 37 sampai 47 cm dengan berat badan 13 sampai 27 kg, warna tubuh landak jawa berwarna coklat kehitaman dengan duri berwarna putih kecoklatan.
Deskripsi dan Cara Memelihara Landak Jawa

Deskripsi

Landak jawa saat ini sudah sangat jarang ditemui bahkan sudah mencapai status langka karena landak biasanya diburu untuk diambil daging dan bulu nya, oleh para pemburu rakus. Landak jawa memiliki rambut yang keras dan panjang seperti layaknya tombak untuk melindungi dirinya. Landak Jawa adalah hewan nocturnal yaitu hewan yang aktif dimalam hari, jadi biasanya di siang hari mereka hanya bersembunyi di dalam lubang. Landak jawa membangun sarang di dalam tanah, mereka menggali tanah dengan kaki depannya yang kuat. Biasanya mereka menggali sarang hingga kedalaman sekitar 5 meter dan lubang ini terdiri dari beberapa cabang dengan beberapa pintu keluar. Jika malam hari tiba, landak jawa akan keluar untuk mencari makan berupa bagian-bagian tumbuhan seperti akar, umbi, kulit kayu dan buah-buahan. 

Habitat dan Persebaran

Landak Jawa biasanya biasa ditemui di hutan hutan daerah Jawa namun juga bisa ditemui di hutan-hutan Sumatra dan Kalimantan.


Habitat dan Persebaran landak jawa

Ciri-ciri

Fisik yang khas pada landak Jawa adalah tubuhnya yang diselimuti rambut halus (seperti rambut pada mamalia lain), rambut peraba, dan duri. Rambut halus dan duri terdapat di seluruh bagian tubuh landak, kecuali pada bagian hidung, mulut, daun telinga, dan telapak kaki. Fungsi dari rambut halus adalah sebagai pelindung dari cuaca panas maupun dingin dan sebagai reseptor sensoris. Rambut peraba berwarna hitam dan putih terdapat di bawah hidung dan di sekitar pipi landak. Rambut peraba merupakan rambut khusus yang tumbuh dari folikel hipodermis. Folikel-folikel tersebut dikelilingi oleh saraf yang responsif terhadap rangsangan mekanik seperti sentuhan atau gerakan.

Spesies:
Hystrix javanica

Nama Local:
Landak Jawa

Nama Latin:
Hystrix javanica

Habitat:
Dapat ditemukan di hutan - hutan pulau jawa, padang rumput, semak - semak, perkebunan, hingga hutan dekat pemukiman manusia.

Distribusi:
Pulau Jawa hingga Madura.

Keunikan:
Memiliki duri hampir di sekujur tubuhnya.

Cara Memelihara Landak Jawa

Cara Memelihara Landak Jawa

  • PASTIKAN anda NIAT memelihara atau mengembangbiakkan, dan bukan memelihara karena iseng atau alasan apapun mengingat Landak Jawa sangat endemik dan sudah semakin jarang ditemui dihutan.
  • Siapkan kandang nyaman dan aman terlebih dahulu sebelum memelihara Landak Jawa, ukuran idealnya adalah 2,5 x 2,5 meter untuk sepasang Landak Jawa.
  • Usahakan memelihara sepasang, dengan memelihara sepasang kita dapat manfaat kepuasan memelihara dan sekaligus berhasil mengembangbiakkan Landak Jawa (beberapa teman banyak yang berhasil mengembangbiakkannya)
  • Pakan dan minum harus adlibitun yaitu harus tersedia terus menerus. Landak Jawa bisa diberikan umbian sebagai makanan utama, dan sayur buah sebagai makanan camilan.
  • Apabila Landak Jawa dipelihara sejak kecil Landak Jawa bisa dijinakkan layaknya kucing dan tidak menutup kemungkinan pun yang dewasa juga bisa dijinakkan (penulis sudah pernah mencoba menjinakkan Landak Jawa dewasa). Kuncinya adalah pada rasa kasih sayang memelihara Landak Jawa maka tingkat penjinak an landak akan semakin mudah.
Berikut video Landak Jawa yang sedang Makan Semangka

Semoga Artikel Ini Bermanfaat Terimakasih Telah Berkunjung di INDOTERNAK.COM

Terimakasih telah membaca Deskripsi Landak Jawa dan Cara Memelihara Landak Jawa

Demikian artikel Deskripsi Landak Jawa dan Cara Memelihara Landak Jawa ini, semoga bisa memberi manfaat dan tambahan informasi untuk anda semua. Jika ada pertanyaan silahkankan berikan komentar dibawah, sampai jumpa di artikel-artikel kami yang lain. Salam Sukses !

Artikel yang anda baca adalah Deskripsi Landak Jawa dan Cara Memelihara Landak Jawa dengan alamat link https://www.indoternak.com/2018/06/deskripsi-dan-cara-memelihara-landak-jawa.html

Post a comment for "Deskripsi Landak Jawa dan Cara Memelihara Landak Jawa"

Subscribe Kami