Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Komboran Pakan dengan Starbio dan Em4

Membuat Komboran Pakan dengan Starbio dan Em4

Cara Membuat Pakan Komboran Dengan Probiotik, EM4, Starbio dan Bahan-bahan Lainnya

Pakan Komboran atau Comboran adalah cara memberikan pakan sapi dalam bentuk campuran pakan dengan air sehigga saat makan sapi sekaligus juga minum. Pemberian pakan secara basah ini banyak dilakukan oleh para peternak di desa-desa dan dipercaya bisa mempercepat pertumbuhan dan pertambahan bobot badan sapi.

Cara Membuat Pakan Sapi Comboran Dengan Starbio

Siapkan ember besar,air sumur,dedak halus ¨katul¨,garam dan starbio. Starbio mudah di dapat,beli saja di toko peternakan atau pertanian. Starbio selain mengandung nutrisi yang cukup tinggi juga menambah nafsu makan pada sapi. Tapi yang lebih unik adalah berpengaruh pada kotorannya,setelah di kasih star bio kotoran sapi jadi tidak terlalu bau,tidak seperti kotoran sapi biasa.

Setelah ember besar,air sumur,dedak halus ¨katul¨,garam,dan star bio sudah tersiapkan semua,kita mulai langkah awal. Pertama siapkan ember besar lalu dedak halus ¨katul¨ di masukan,ukuran 25 liter ari,membutuhkan dedak halus ¨katul¨ 1 kg. Setelah dedak di masukan lalu garam,kurang lebih 2 sendok makan. Sesudah itu lalu star bio di masukan,ukurannya 2 sendok makan. Setelah dedak,garam,dan starbio di masukan kedalam ember besar baru di larutkan dengan air sumur yang sudah di sediakan. Aduk sampai rata dan siap di berikan pada sapi. Pemberian komboran pada sapi sebaiknya 1 hari 2kali,yaitu pagi dan sore setelah sapi selesai makan.

Manfaat starbio :

1. Lebih banyak zat nutrisi yang dapat diurai dan diserap (meningkatkan daya cerna pakan)

2. Kotoran tidak berbau

3. Dengan pakan yang sama akan dihasilkan produksi lebih banyak

4. Kualitas produksi akan meningkat

5. Kumpulan mikroba yg terdapat dalam starbio akan membantu pencernaan pakan dalam tubuh ternak,membantu penyerapan pakan lebih banyak sehingga pertumbuhan ternak lebih cepat dan produksi dapat meningkat.Hasilnya , FCR ( feed convertion ratio ) atau konversi pakan akan menurun sehingga biaya pakan menjadi lebih murah

Ransum Comboran Pakan Sapi Tanpa Starbio

  • Komboran dibawah ini juga diberikan dua kali sehari, jam 8.00 dan 16.00, dengan komposisi:
  • Dedak 1 kg 
  • Ampas bir 2 kg
  • Brand polar (dedak gandum) ½ kg
  • Ampas tahu basah 2kg 
  • Ampas tempe ½ kg
  • Parutan telo afkir 3kg (400 rp/kg)
  • Air tempe 5 ltr.
  • Air 15 ltr. (kalau bisa dedak, brand polar, kulit kedelai dimasak Campurkan semua bahan diatas, pakan comboran siap diberikan pada sapi. Jika ada salah satu bahan yang tidak anda miliki bisa diganti dengan bahan lain yang agak mirip atau serupa kandungan nutrisinya. Jangan terpaku pada satu dua jenis pakan tertentu karena banyak bahan-bahan pakan sapi yang memiliki manfaat hampir sama baik sebagai sumber karbohidrat dan juga sumber protein.

Contoh Membuat Pakan Comboran Dengan EM4

  • Bekatul kasar 10 %
  • Kulit kacang halus 5 %
  • Tumpi kedelai 10 %
  • Batang jagung + buahnya umur 65 hari 50 % potong kecil2x size 2 cm
  • Bactery FML atau Starbio atau EM4
  • Onggok kering 5 %
  • Bungkil sawit 20 %
  • air bersih
  • molases atau tetes tebu murni 
Cara Pembuatan:

#Campurkan air bersih 175 liter dengan molases/tetes murni 25 liter tuangkan bactery FML 10 liter. Jika menggunakan selain bactery FML banyaknya tergantung petunjuk takaran.

#Diamkan dalam suhu kamar selama 3 hari dalam kondisi anaerob (kedap udara/tertutup rapat) 

#Takar dengan pasti bahan, aduk rata menggunakan mixser atau manual. Siramkan larutan fermentasi ke dalam material sampai mencapai kadar air 20%. 

#Masukkan semua bahan yang sudah di fermentasi tersebut kedalam wadah/tempat dan tutup rapat2x. Jangan sampai kemasukan udara. ( bisa menggunakan drum atau plastik besar ) kemudian biarkan dalam suhu kamar selama 4-7 hari. 

#Material yang sudah terfermentasi dengan baik akan ber aroma manis dan harum, dan siap untuk dikasihkan untuk makanan ternak.

Terimakasih telah membaca Membuat Komboran Pakan dengan Starbio dan Em4

Demikian artikel Membuat Komboran Pakan dengan Starbio dan Em4 ini, semoga bisa memberi manfaat dan tambahan informasi untuk anda semua. Jika ada pertanyaan silahkankan berikan komentar dibawah, sampai jumpa di artikel-artikel kami yang lain. Salam Sukses !

Artikel yang anda baca adalah Membuat Komboran Pakan dengan Starbio dan Em4 dengan alamat link https://www.indoternak.com/2018/06/membuat-komboran-pakan-dengan-starbio.html

Posting Komentar untuk "Membuat Komboran Pakan dengan Starbio dan Em4"