Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Jenis dan Ciri-ciri Murai Batu Yang Ada Didunia

Inilah Jenis dan Ciri-ciri Murai Batu Yang Ada Didunia

Hai, ketemu lagi sama Indoternak, kali ini Indoternak hendak sedikit share tentang burung kicauan hehehehe. Meski Indoternak tidak begitu mengerti soal burung kicau, yaaa sedikit banyak taulah yaaa, Indoternak pula suka memelihara burung dirumah.

Pada artikel kali ini Indoternak hendak bahas Inilah Jenis dan Ciri-ciri Murai Batu Yang Ada Didunia.
Berdialog tentang burung kicau sangat terkenal di Indonesia, nyatanya Kamu telah tidak asing dengan yang namanya burung Murai Batu. Ya, salah satu tipe burung yang populer di negeri Indonesia serta luar negeri ini memiliki suara kicauan yang sangat terkenal.

Walaupun begitu, di antara burung Murai Batu Indonesia serta dunia, yang terbaik senantiasa burung Murai Batu asal Indonesia. Kenapa dapat demikian? Burung Murai Batu dari Indonesia mempunyai keunikan dan karakteristik khas suara yang tidak dipunyai oleh burung impor dari luar negeri. Ada pula burung Murai Batu lua rnegeri umumnya berasal dari Thailand, Malaysia, serta Filipina

Sedangkan, burung Murai Batu yang terpopuler di Indonesia, mayoritas berasal dari Sumatera, semacam burung Murai Batu Lampung, burung Murai Batu Medan, burung Murai Batu Aceh, burung Murai Batu Sabang, burung Murai Batu Bordan, burung Murai Batu Bahorok, burung Murai Batu Balak, burung Murai Batu Lahat, burung Murai Batu Jambi, serta burung Murai Batu Nias. Tidak hanya itu, ada pula sebagian tipe burung Murai Batu lain, semacam burung Murai Batu Kalimantan ataupun Borneo, burung Murai Batu Irian, serta burung Murai Batu Jawa ataupun Larwo.

Nyaris seluruh tipe burung Murai Batu tadi sangat susah buat dibedakan, kecuali Kamu menangkap burung Murai Batu langsung dari habitat aslinya. Walaupun begitu, Kamu masih dapat membedakan jenis- jenis burung Murai Batu dari bagian ekornya.

1. Burung Murai Batu Medan

Burung Murai Batu Medan
Burung Murai Batu Medan (bandarkicau.blogspot.com)
Burung Murai Batu Medan sesungguhnya tidak betul- betul berasal dari Medan. Omkicau berkata kalau burung tipe ini dihadirkan dari sebagian wilayah di Aceh, Pasaman, Padang Sidempuan, serta Semenanjung Malaysia. Tetapi, dikala ini habitat burung Murai Batu Medan mulai menurun ekstrem.

Tadinya, burung ini masih dapat ditemui di sebagian kawasan Sumatera Utara, semacam Bukit Lawang, Bohorok, serta kaki Gunung Leuser. Tetapi saat ini, para penangkar telah mulai kesusahan memperoleh burung Murai Batu di wilayah tersebut.

Sehingga dikala ini istilah burung Murai Medan sesungguhnya ialah burung hasil kawin silang antara bermacam tipe burung Murai Batu yang masih terdapat generasi dengan burung Murai Batu Medan, semacam Murai Batu Aceh, Pasaman, Padang Sidempuan, serta Malaysia.

Kendati demikian, jika telah mendengar nama burung Murai Medan, kayaknya sangat susah menutupi rasa ketertarikan pada burung tersebut. Burung Murai Batu sendiri memanglah beda dari burung Murai Batu yang lain, spesialnya pada bagian bentuk badan badannya. Badan Murai Batu lebih besar serta tegap.

Lebih jelasnya ikuti sebagian karakteristik raga burung Murai Batu berikut:
  • Burung Murai Batu Medan mempunyai tubuh yang lebih besar dari burung Murai Batu lain.
  • Bulu burung Murai Batu Medan bercorak gelap legam serta mengkilat. Jika terserang cahaya matahari hendak nampak corak kebiru- biruan.
  • Kaki burung Murai Batu Medan bercorak gelap, tetapi jika masih muda rupanya merah kehitam- hitaman.
  • Bulu ekornya mempunyai 4 pasang bulu putih serta memiliki strip bercorak gelap yang membelah secara horizontal.
  • Panjang bulu Murai Batu dapat menggapai 27- 30 centimeter.
  • Kebiasan burung ini dikala berkicau ialah kerap menegakkan ekornya hingga menyentuh kepala.

2. Burung Murai Batu Lampung

gambar Burung Murai Batu Lampung
Burung Murai Batu Lampung (youtube.com)
Dikala ini, telah sangat susah menciptakan burung Murai Batu asli Lampung. Perihal ini disebabkan maraknya permasalahan alih guna hutan jadi kawasan pemukiman penduduk yang memforsir burung Murai Batu Lampung wajib bermigrasi ke kawasan lain serta setelah itu mati sebab tidak sanggup bertahan.

Oleh sebab itu, jika seorang menyebut burungnya bagaikan burung Murai Batu Lampung, sebetulnya itu ialah burung Murai Batu yang dipasok dari Kota Agung, Jambi, serta Riau. Bukan hasil tangkapan dari hutan- hutan yang terletak di daerah Lampung, semacam yang diungkapkan oleh Omkicau.

Buat mengidentifikasi burung Murai Batu Lampung, Kamu bisa mencermati sebagian karakteristik raga burung tersebut:
  • Bentuk badan badan lebih kecil dari Murai Batu Medan
  • Ekornya mempunyai panjang dekat 12- 18 cm
  • Bulu dada burung Murai Batu Lampung bercorak orange kecoklatan serta nampak lebih hitam apabila dibanding dengan burung Murai Batu Kalimantan
  • Burung ini mempunyai mental yang sangat bagus, kokoh, serta gesit
  • Tipe suara cenderung mengulang- ulang ataupun ngeban, tetapi kurang bervariasi

3. Burung Murai Batu Nias

Burung Murai Batu Nias
Burung Murai Batu Nias (kicaumania373.wordpress.com)
Semacam 2 tipe burung Murai Batu sebelumnya, burung Murai Batu Nias pula lumayan susah ditemui di wilayah asalnya. Jika terdapat penjual yang berkata burungnya berasal dari Nias, hingga sejatinya burung tersebut dihadirkan dari Mentawai/ Pagai, Sibanang, Simeulue, serta sebagainya.

Identitas burung Murai Batu Nias di antara lain:
  • Bentuk badan badan relatif kecil serta lebih mirip dimensi badan Murai Batu Lampung
  • Bulu utama ekor burung Murai Batu Nias tidak bercorak putih melainkan gelap ataupun biasa diucap blacktail
  • Panjang bulu ekor dekat 17- 20 centimeter serta bercorak gelap pekat
  • Volume suara lebih keras
  • Sanggup meniru suara burung Murai Batu lain lebih cepat
  • Burung Murai Batu Nias tidak gampang stress serta kilat beradaptasi

4. Burung Murai Batu Aceh

Burung Murai Batu Aceh
Burung Murai Batu Aceh (murai-batu-aceh-trbf2015.blogspot.com)
Burung Murai Batu Aceh berasal dari wilayah Tangse (Piedie), Pegunungan Seulawahsabang, Lhoong, serta Keude Bieng. Burung ini umumnya mempunyai bentuk badan badan yang tidak sangat besar. Buat ekornya, dapat disamakan dengan burung Murai Batu Medan ialah dekat 19- 30 centimeter. Burung yang satu ini pula mempunyai alterasi suara yang sangat banyak serta ngeroll. Tidak tidak sering, suara burung Murai Batu Aceh terdengar semacam suara tembakan ataupun besetan yang menyayat.

5. Burung Murai Batu Lahat

Burung Murai Batu Lahat
Burung Murai Batu Lahat (seputar-infoburungs.blogspot.com)
Burung Murai Batu Lahat ialah salah satu tipe burung Murai Batu terpopuler di Indonesia. Burung Murai Batu yang terletak di pasaran, mayoritas merupakan tipe burung Murai Batu Lahat. Burung ini mempunyai ekor sejauh 18- 23 centimeter. Bentuk badan badannya lebih mirip dengan burung Murai Batu Nias. Suaranya juga pula mirip ialah mempunyai alterasi suara yang banyak serta mental yang bagus.

6. Burung Murai Batu Jambi

Burung Murai Batu Jambi
Burung Murai Batu Jambi (muraibatu.link)
Burung Murai Batu yang berasal dari Jambi ini memiliki habitat di dataran rendah serta dataran besar. Burung Murai Batu Jambi yang tinggal di dataran rendah mempunyai dimensi dan wujud badan yang relatif kecil. Oleh karena itu, ekornya tidak sangat panjang. Sedangkan, buat Murai Batu Jambi dari dataran besar, mempunyai ekor lebih panjang dan melengkung ke atas. Tidak cuma itu, burung Murai Batu Jambi memiliki mental bertempur yang tangguh serta giat dalam berkicau.

7. Burung Murai Batu Kalimantan atau Borneo

Burung Murai Batu Kalimantan atau Borneo
Burung Murai Batu Borneo atau Kalimantan (damai-9.com)
Mengerti kah Kamu, nyatanya burung Murai Batu Kalimantan masih dibedakan jadi 3 tipe burung, antara lain Murai Batu Banjar, Murai Batu Palangka, serta Murai Batu Mahkota. Walaupun terbilang banyak, orang- orang situ mengaku tidak kesusahan membedakan jenis- jenis dari burung Murai Batu Kalimantan.

Burung Murai Batu Borneo terbaik dapat dilihat dari karakteristik fisiknya.

Berikut sebagian identitas raga dari Murai Batu Kalimantan ataupun Borneo:
  • Burung Murai Batu Borneo yang bermutu wajib mempunyai bulu dada bercorak coklat cerah. Terus menjadi cerah corak dadanya hingga burung tersebut umumnya memiliki mental yang baik dikala terletak di atas gantangan. Tidak hanya itu, suaranya hendak keluar selalu ataupun ngedur.
  • Bagian kakinya wajib bercorak coklat agak gelap ataupun coklat agak kemerahan. Kamu jangan memilah burung Murai Batu Kalimantan yang kakinya bercorak kekuningan sebab burung tersebut mentalnya kurang bagus.
  • Ekor tidak sangat panjang ialah dekat 10- 13 centimeter.
  • Kepala Murai Batu Borneo umumnya berupa kotak ataupun rata serta tidak membulat. Tatapan matanya tajam serta melotot.
  • Jika ingin memilah burung Murai Batu Kalimantan dengan suara keras, hingga seleksi burung dengan paruh yang kerap terbuka lebar. Tidak hanya itu, bagian leher wajib besar serta kokoh. Identitas burung Murai Batu semacam ini dipercaya mempunyai suara yang keras serta lantang.

8. Burung Murai Batu Jawa atau Larwo

Burung Murai Batu Jawa atau Larwo
Burung Murai Batu Jawa atau Larwo (infomurai.blogspot.com)
Burung Murai Batu Jawa telah sangat sangat jarang serta jangan harap Kamu dapat menciptakan burung ini di pasaran. Perihal ini diperparah dari aspek ketenaran. Burung Murai Batu Jawa kalah tenar apabila dibanding dengan Murai Batu Medan. Walhasil, tidak sering pecinta burung yang ingin menangkar burung Murai Batu Jawa.

Tetapi, jika berdialog tentang burung Murai Batu Jawa ataupun Larwo, nyatanya nama Larwo menaruh makna nama yang lumayan unik. Kamu ketahui sendiri kalau orang Jawa gemar menyingkat sesuatu nama. Nah, nyatanya nama burung Murai Batu Larwo pula terdapat singkatannya ialah Lare Dowo (bulunya panjang).
Tidak hanya namanya, terdapat lagi yang membuat burung ini nampak begitu unik. Dikala burung Murai Batu Jawa berkicau, bulu- bulu di kepalanya hendak berdiri tegak semacam jambul. Umumnya, burung Murai Batu yang lain hendak meningkatkan bulu dadanya, tetapi Larwo malah bulu kepalanya.
Karakteristik spesial yang lain tentang burung Murai Batu Jawa merupakan bagaikan berikut:
  • Bentuk badan badannya relatif lebih kecil dibandingkan Murai Batu lainnya
  • Burung Murai Batu Jawa mempunyai garis batasan bulu yang bercorak gelap di wilayah perut
  • Buat kepribadian suara tidak berbeda jauh dengan burung Murai Batu yang lain
  • Panjang bulu ekor burung Murai Batu Jawa dekat 8- 10 cm

9. Burung Murai Batu Sabang

Burung Murai Batu Sabang
Burung Murai Batu Sabang (youtube.com)
Murai Batu Sabang lumayan sangat jarang dengan pola ekor yang unik. Ekor Murai Batu Sabang dapat menggapai 20 centimeter. Di bagian ekornya, terdapat pola putih bundar berjajar mirip semacam batik. Burung Murai Batu Sabang lumayan sangat jarang serta susah ditemui di daerah lain.

10. Burung Murai Batu Balak

Burung Murai Batu Balak
Burung Murai Batu Balak (oxibird.blogspot.com)
Burung Murai Batu Balak nyaris sama dengan Murai Batu Sabang. Kesamaan ini nampak pada pola ekor Murai Batu Balak yang unik, ialah itu terdapat pola warna putih berjajar. Jumlah warna putihnya bermacam- macam yang mungkin memiliki makna tertentu. Sayangnya, ekor Murai Batu Balak diperkirakan tidak dapat lebih panjang dari 20 centimeter.

11. Burung Murai Batu Bahorok

Burung Murai Batu Bahorok
Burung Murai Batu Bahorok (youtube.com)
Murai Batu Bahorok berasal dari wilayah kecamatan Bahorok kabupaten Langkat provinsi Sumatera Utara. Di situ, Kamu masih dapat menjumpai Murai Batu Bahorok di alam liar, tepatnya di dekat kaki Gunung Leuser ataupun Halaman Nasional Gunung Leuser. Murai Batu Bahorok lumayan susah dijinakkan sebab tidak sering sekali berhubungan dengan manusia.

12. Burung Murai Batu Bordan

Burung Murai Batu Bordan
Burung Murai Batu Bordan (youtube.com)
Murai Batu Bordan ialah burung hasil kawin silang antara Murai Batu Medan jantan serta Murai Batu Borneo betina. Dari pernikahan ini diharapkan Murai Batu Bordan memiliki kepribadian mental fighter, style bertarung yang bagus, serta suara yang gacor.

Murai Batu Bordan nyaris sama dengan Murai Batu Medan, paling utama bagian bentuk badan badan serta pola motif bulu ekor. Burung Murai Batu Bordan diklaim mempunyai suara serta irama lagu yang bermacam- macam dan tembakan yang lebih keras. Karakteristik unik dari Murai Batu Bordan, ia kerap memainkan ekornya dikala bertarung melawan Murai Batu lain di lapangan.

13. Burung Murai Batu Irian

Burung Murai Batu Irian
Burung Murai Batu Irian (pagiberkicau.com)
Bila dilihat secara raga, Murai Batu Irian berbeda jauh dengan tipe Murai Batu yang lain. Burung Murai Batu Irian cenderung lebih bercorak hitam serta gelap. Tetapi, bagian ujung bulu- bulunya bercorak agak hijau berminyak serta berkilau. Murai Batu Irian memiliki ekor panjang dekat 35 centimeter.

14 . Burung Murai Batu Thailand

Burung Murai Batu Thailand
Burung Murai Batu Thailand (kicaumania.or.id)
Burung Murai Batu Thailand populer dengan badannya yang kecil namun mempunyai bulu ekor yang panjang. Butuh Kamu tahu, bulu ekor burung Murai Batu Thailand dapat menggapai 34- 38 centimeter. Walaupun panjang, bulunya tidak sangat tebal, cuma sebagian helai bulu saja.

Burung Murai Batu Thailand kerap diucap bagaikan burung yang mempunyai mental bagus serta kasar. Sehingga banyak pecinta burung yang mengikutkannya dalam lomba burung.

Burung ini banyak tumbuh biak di wilayah perbatasan antara Malaysia serta Thailand, paling utama di kawasan hutan yang belum terjamah manusia. Sebagian orang menyebut burung Murai Batu Thailand bagaikan Murai Batu Langkawi.

15. Burung Murai Batu Malaysia

Burung Murai Batu Malaysia
Burung Murai Batu Malaysia (rebanas.com)
Malaysia mempunyai sebagian tipe burung Murai Batu, tetapi yang sangat populer merupakan burung Murai Batu asal Negara 9. Burung yang berasal dari situ diketahui sangat kasar serta memiliki mental yang tangguh. Tidak cuma dari Negara 9 saja, burung Murai Batu dari Pahang, Selangor, serta Kelantan pula mempunyai watak yang sama.

Burung- burung Murai Batu dari Malaysia biasanya mempunyai bulu ekor tidak lebih dari 21 centimeter. Burung Murai Batu Malaysia kerap dilombakan sebab mempunyai suara isian yang bagus serta penampilan style bertarung yang sangat indah.

16. Burung Murai Batu Filipina

Burung Murai Batu Filipina
Burung Murai Batu Filipina (hiveminer.com)
Umumnya, burung Murai Batu dari Filipina dipelihara sebab keunikan serta keelokan gayanya saja. Karena, mutu suara yang dipunyai burung Murai Batu Filipina kurang bagus dibanding Murai Batu yang lain. Apalagi, banyak golongan yang mengatakan kalau burung ini cuma digunakan buat pajangan di rumah. Jika buat lomba, kayaknya wajib pikir- pikir lagi. 


Terimakasih telah membaca Inilah Jenis dan Ciri-ciri Murai Batu Yang Ada Didunia

Demikian artikel Inilah Jenis dan Ciri-ciri Murai Batu Yang Ada Didunia ini, semoga bisa memberi manfaat dan tambahan informasi untuk anda semua. Jika ada pertanyaan silahkankan berikan komentar dibawah, sampai jumpa di artikel-artikel kami yang lain. Salam Sukses !

Artikel yang anda baca adalah Inilah Jenis dan Ciri-ciri Murai Batu Yang Ada Didunia dengan alamat link https://www.indoternak.com/2018/07/Jenis-dan-Ciri-ciri-Murai-Batu-Yang-Ada-Didunia.html

Posting Komentar untuk "Inilah Jenis dan Ciri-ciri Murai Batu Yang Ada Didunia"