Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Pelihara Musang Akar Untuk Newbie

Tips Pelihara Musang Akar Untuk Newbie - Hallo sahabat Indoternak !! Sesuai judulnya, Artikel yang anda baca ini "Tips Pelihara Musang Akar Untuk Newbie", telah kami siapkan dengan baik untuk anda baca dan untuk anda ambil informasi didalamnya. Mudah-mudahan artikel lainnya pada kategori Artikel Hobi, Artikel Musang, Artikel Musang Akar, juga bisa anda baca dan dapat anda pahami.

Judul : Tips Pelihara Musang Akar Untuk Newbie
Link : Tips Pelihara Musang Akar Untuk Newbie

Ini Juga Bisa Anda Baca


Tips Pelihara Musang Akar Untuk Newbie

foto Musang Akar Jawa Arctogalidia trivirgata trilineata
Musang Akar Jawa (Arctogalidia trivirgata trilineata)


Tips Pelihara Musang Akar Untuk Newbie

Cara memelihara musang akar sebenarnya tidaklah sulit dan hampir sama kalau anda memelihara musang jenis lainnya misal : musang bulan dan pandan hanya saja jika musang pandan sedikit lebih agresif musang ini lebih kalem tapi pecicilan (yang saya tau ), namun hal tersebut tergantung pada karakter masing – masing musang tersebut. Yang saya tahu, musang bulan adalah jenis musang yang paling kalem menurut pengalaman pribadi saya . 

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara memelihara musang akar untuk pemula dimana musang ini banyak dipelihara oleh pecinta dan komunitas musang. Di berbagai tempat banyak yang memelihara musang akar, banyak yang saya tahu tentang musang akar ini. Dari cara memeliharanya dari baby hampir sama persis seperti memelihara musang bulan dan musang pandan. 

Cara Merawat dan memelihara musang akar 

Musang akar cenderung lebih mudah dalam perawatannya dan dipelihara baik itu yang anakan dan dewasa hanya saja bagi musang akar yang anakan haruslah extra dalam perawatannya sebab masih rentan dan juga belum bisa memelihara diri sendiri. 

Bagi musang yang masih anakan alangkah baiknya untuk makanan diberi berupa susu dan bubur bayi bisa menggunakan pro*ina atau bubur s*n pisang, bagi musang yang dewasa sudah dapat diberi makan ceker ayam atau kepala ayam yang sudah direbus matang, namun dalam berbagai kasus dimana musang sering mogok makan atau tidak mau makan sama sekali akibat kita sering memberi makan sama setiap harinya untuk itu berilah makan buah atau sayuran dalam sekali seminggu untuk menghindari hal ini sebab musang mogok makan akibat bosan dengan makanan yang sama setiap harinya. 

Perawatan tubuh pada musang akar sebaiknya dimandikan sekali seminggu atau 2 kali dalam seminggu dengan sabun atau shampo khusus hewan jangan memandikannya dengan sabun atau sampho lainnya untuk menghindari alergi yang berujung pada kerontokan bulu musang kedepannya, kalau saya pribadi pernah memandikan musang dengan shampo bayi dan nggak ada efek samping sama sekali, tujuannya biar nggak pedih ketika shampo kena mata si musang dan jika memungkinkan kuku musang di potong jika sudah panjang, hal ini memang tidak ada kaitannya dengan perawatan hanya saja jika kuku musang sudah terlalu panjang akan dapat melukai tubuh anda pada saat menyentuhnya atau bermain dengannya.

foto anak musang akar

Untuk saya pribadi sangat anti dalam memangkur giginya sebab sekalipun musang saya sering gigitin saya walaupun kadang sampai luka, tapi disitulah kesenian dalam memelihara musang, apalagi kalau musang akar. Kalau anda takut akan gigitan musang, beli aja ikan cupang yang nggak bisa gigit anda wkwkwkwkw... Dan jangan sampai kalian tega untuk memangkur gigi musang ini.

Masalah kandang pada musang sebaiknya berbahan dari besi atau kawat, anda juga bisa berkarya membuat kandang musang sendiri dengan kawat ram dan kayu. Untuk masalah vitamin berilah musang sekali dalam sehari minyak ikan yang dicampur dengan minuman mereka atau bisa juga langsung masukkan minyak ikan kedalam mulut mereka, santai saja nggak akan menyakiti mereka kok . 
gambar Musang Akar Jawa Arctogalidia trivirgata trilineata
Musang akar terkenal akan tingkahnya yang pecicilan, apalagi kalau mereka masih kecil ataupun remaja.Ada yang punya musang akar jenis akar jawa yang warnanya putih kemerahan, dirumah anteng, nurut dan nggak pecicilan tapi ketika dia dibawa gath, ngumpul sama temen-temen malah mendadak jadi galak dan nggak mau di handle, yang empunya aja digigitin sampai berdarah, naaahhhhh buat pengalaman aja , nggak cuman musang akar saja yang seperti itu, musang bulan, pandan atau musang jenis yang lain juga bisa begitu kalau kita nggak merawatnya dengan baik, salah satu nya adalah bawa musang anda main atau gath agar terbiasa bertemu dengan jenis nya atau agar biasa bertemu dengan orang-orang sekitar agar nggak takut ketika kita bawa musang kita keluar. 

Terimakasih telah membaca Tips Pelihara Musang Akar Untuk Newbie

Demikian artikel Tips Pelihara Musang Akar Untuk Newbie ini, semoga bisa memberi manfaat dan tambahan informasi untuk anda semua. Jika ada pertanyaan silahkankan berikan komentar dibawah, sampai jumpa di artikel-artikel kami yang lain. Salam Sukses !

Artikel yang anda baca adalah Tips Pelihara Musang Akar Untuk Newbie dengan alamat link https://www.indoternak.com/2020/03/tips-pelihara-musang-akar-untuk-newbie.html

Post a comment for "Tips Pelihara Musang Akar Untuk Newbie"