Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Suplementasi Lemak Pada Pakan Ruminansia


Mengapa perlu dilakukan suplementasi lemak Pada Pakan Ruminansia?

Ternak memerlukan energi dalam proses produksi. Misalnya sapi perah yang memproduksi susu 30 L dengan kandungan lemak 3,6% dan protein 3,3% membutuhkan sekitar 33 Mega Kalori/hari. Konsentrat dapat memenuhi kebutuhan tersebut, namun kecukupan sumber serat dari hijauan diperlukan agar proses fermentasi rumen berjalan lancar, maka pemberian konsentrat harus dibatasi. Hal ini dapat terbantukan dengan suplementasi lemak pada pakan. Lemak seperti yang sudah kita ketahui, merupakan zat berdensitas energi yang tinggi dibanding protein atau karbohidrat, setidaknya sekitar dua kali lipat.

Suplemen tinggi lemak membantu dalam menyediakan lemak tambahan yang membantu memenuhi kebutuhan energi yang berdampak positif pada aspek reproduksi dan produksi serta kualitas susu

 Namun tetap saja suplementasi tidak dilakukan tanpa perhitungan, karena dosis yang berlebih dapat mengganggu proses fermentasi rumen. Banyak pendapat yang menyebutkan bahwa kadar lemak ransum tidak melebihi 5% dari bahan kering ransum agar proses fermentasi berjalan lancar.

 Sumber lemak yang dapat dijadikan suplemen

Lalu dari mana kita mendapatkan sumber lemak? Ada banyak. Di Indonesia sendiri, banyak penelitian yang menggunakan bahan-bahan hasil samping produksi. Sumber lemak dapat berasal dari tanaman maupun hewan. Sumber lemak tersebut antara lain dari stearin yang merupakan hasil samping pengubahan minyak sawit kasar menjadi minyak goreng, minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO), minyak kanola, minyak biji rami (linseed), dan minyak kedelai. Tepung ikan, distiller’s grains, hominy, dan meat bone meal mengandung sekitar 10% lemak. Tallow (lemak sapi) juga dapat digunakan sebagai sumber lemak.

Apa manfaat lain dari suplementasi lemak?

Lemak sangat berpengaruh pada Body Condition Score (BCS) ternak dan merupakan prekursor pembentuk kolesterol. Kolesterol sendiri merupakan prekursor dalam pembentukan estrogen. Estrogen sangat berperan penting dalam proses reproduksi.

Ketika ternak mengonsumsi suplemen lemak, satu tanda yang cukup mudah dilihat dari penampilan ternak adalah semakin bagusnya rambut badannya dan semakin mengilap. Hal ini muncul sekitar 3 minggu setelah konsumsi.

Dalam bentuk apa produk suplemen lemak?

Pada sejarahnya, suplemen lemak dalam bentuk cair atau dalam bentuk meal (bahan yang sudah diambil minyaknya dan digunakan sebagai carrier). Namun sekarang sudah banyak produk suplemen lemak berbentuk padat.

SUPLEMENTASI LEMAK PADA PAKAN

Purina Accuration Hi-Fat Block

Bentuk lain dari suplemen lemak adalah suplemen lemak terproteksi atau diistilahkan dengan rumen-protected fat (RPF). Lemak diproteksi dari proses biohidrogenasi di rumen, dikarenakan produk RPF mengandung banyak asam lemak tidak jenuh, maka jika mengalami proses biohidrogenasi di dalam rumen akan menjadi asam lemak jenuh, dan ini tentu mengurangi manfaat dari tujuan suplementasi, yaitu menyediakan asam lemak tidak jenuh bagi ternak. Ada berbagai macam jenis metode proteksi, antara lain menggunakan material tahan degradasi di rumen seperti formaldehid, hidrogenasi sebagian yang membuat titik cair lebih tinggi, saponifikasi, dan chill prilled.

Penulis Muhammad Luqmanul Hakim

Referensi:

https://www.purinamills.com/cattle-feed/education/detail/why-feed-high-fat-cattle-supplements

https://www.megalac.com/resources-advice/fats-advice/63-rumenprotected-fat-supplements-product-types-and-categories

https://dairy-cattle.extension.org/feeding-fat-in-moderation-to-dairy-cows/#:~:text=Sources%20of%20Fats&text=The%20most%20common%20whole%20oilseeds,is%20extracted%20are%20commonly%20fed.

Wina, E. dan I. W. R. Susana. 2013. Manfaat lemak terproteksi untuk meningkatkan produksi dan reproduksi ternak ruminansia. Wartazoa. 23(4): 176-184.


Terimakasih telah membaca Suplementasi Lemak Pada Pakan Ruminansia

Demikian artikel Suplementasi Lemak Pada Pakan Ruminansia ini, semoga bisa memberi manfaat dan tambahan informasi untuk anda semua. Jika ada pertanyaan silahkankan berikan komentar dibawah, sampai jumpa di artikel-artikel kami yang lain. Salam Sukses !

Artikel yang anda baca adalah Suplementasi Lemak Pada Pakan Ruminansia dengan alamat link https://www.indoternak.com/2022/11/suplementasi-lemak-pada-pakan-ruminansia.html

Posting Komentar untuk " Suplementasi Lemak Pada Pakan Ruminansia"