Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Musang Zebra, Musang Lucu Yang Mudah Jinak

musang zebra adalah
Banded palm civet atau yang biasa disebut musang zebra adalah spesies langka luwak ditemukan di hutan tropis di Asia Tenggara. Musang zebra pemberian nama ini karena mantel bergaris cokelat dan hitam yang mirip dengan zebra dan memberikan musang zebra mudah berkamuflase di hutan sekitarnya.

Musang dengan nama latin hemygalus derbyanus ini adalah hewan pemakan satwa kecil dan juga buah buahan. Aktif di malam hari membuat musang ini mempunyai pengelihatan dan penciuman yg baik. Musang dengan nama lain Banded Palm Civet ini berukuran antara 1-3 kilo gram. Tersebar dari pulau kalimantan, sumatra, sampai senanjung malaya. Bahkan sampai myanmar, thailand, dan malaysia. Musang zebra bukanlah musang pemanjat mereka menghabiskan sebagian besar waktunya di bagian bawah hutan sambil mencari makan dan berburu.

Mudah dipelihara dan paling mudah jinak

Musang zebra belakangan cukup populer di kalangan pencinta musang tanah air. Disamping wajahnya yang imut dan warna nya yang sangat indah musang zebra jg sangat mudah dipelihara. Karakternya yang kalem dan mudah jinak membuat para musang lovers tanah air memilih musang zebra sebagai peliharaan mereka dirumah yang bisa menggantikan kucing dan anjing.
Bahkan jika musang tersebut diambil dari dewasa di alam liar, bukan hal susah untuk menjinakan mereka. Tubuhnya yang tidak terlalu besar juga menjadi daya tarik sendiri. Membuat kita tidak perlu menyiapkan space yang terlalu besar bagi mereka.
Cara Memelihara Musang Zebra

Cara Memelihara Musang Zebra

  • Makanan musang zebra adalah buah-buahan, dan sesekali daging. Anda bisa memberi pisang dan pepaya sebagai makanan sehari-hari, dan memberi cacahan daging ayam rebus sebagai makanan mingguan.
  • Karakter musang zebra bisa dibilang kalem. Memang sesekali usil dengan menggigit bercanda, namun tidak terlalu keras. Jenis musang ini juga relatif mudah untuk dijinakkan.
  • Jaga kebersihan kandang dan musang zebra anda dengan rutin membersihkan kandangnya 2 hari sekali dan memandikan musangnya minimal seminggu sekali.
Saat ini, musang zebra berada di bawah ancaman dari deforestasi dan hilangnya habitat alaminya secara drastis. Alasan utama untuk penebangan hutan yang luas seperti di daerah ini baik untuk penebangan atau membersihkan lahan untuk membuat jalan bagi perkebunan kelapa sawit.

Harapannya dengan semakin kita mengenal satwa cantik dari negeri kita, semakin menimbulkan rasa sayang dan peduli kita terhadap kelestarian alam di Indonesia.

Terimakasih telah membaca Musang Zebra, Musang Lucu Yang Mudah Jinak

Demikian artikel Musang Zebra, Musang Lucu Yang Mudah Jinak ini, semoga bisa memberi manfaat dan tambahan informasi untuk anda semua. Jika ada pertanyaan silahkankan berikan komentar dibawah, sampai jumpa di artikel-artikel kami yang lain. Salam Sukses !

Artikel yang anda baca adalah Musang Zebra, Musang Lucu Yang Mudah Jinak dengan alamat link https://www.indoternak.com/2018/07/musang-zebra-adalah.html

Post a comment for "Musang Zebra, Musang Lucu Yang Mudah Jinak"

Subscribe Kami