Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bedanya Musang Rase dan Musang Pandan

Musang rase dan musang pandan bisa dibedakan dengan sangat mudah. Dan berikut adalah penampilan musang rase dan musang pandan secara visual:


Bedanya Musang Rase dan Musang Pandan
Musang Pandan (Paradoxurus hermaphroditus)

perbedaan musang rase dan pandan
Musang Rase (Viverricula malaccensis)

Dari kedua foto musang di atas, dapat dilihat bahwa musang rase amat berbeda dengan musang pandan. Perbedaan tersebut antara lain:
  1. Moncong musang rase cenderung lebih panjang dan lebih runcing dari musang pandan. Warna ujung hidung musang rase juga relatif lebih gelap dibandingkan musang pandan.
  2. Ekor musang rase lebih pendek daripada musang pandan.
  3. Perbedaan corak bulu pada musang rase dan musang pandan. Musang rase memiliki corak hitam putih belang-belang, sementara musang pandan biasanya polos berwarna hitam, terkadang ujung ekor musang pandan ada yang berbulu putih (musang pandan ekor putih).
  4. Musang rase termasuk karnivora atau pemakan daging, sementara musang pandan termasuk musang omnivora atau pemakan segalanya.
Baik musang pandan atau musang rase memiliki kelenjar bau di balik kulitnya. Namun, bau yang dihasilkan oleh kelenjar tersebut berbeda. Pada musang pandan, bau yang dihasilkan cenderung berbau seperti pandan. Sementara, pada musang rase, bau yang dihasilkan tidak seperti bau pandan. Bau yang dihasilkan oleh musang pandan cenderung lebih wangi dibandingkan bau yang dihasilkan musang rase. Musang rase biasanya banyak diburu karena sering dianggap sebagai hama.

Terimakasih telah membaca Bedanya Musang Rase dan Musang Pandan

Demikian artikel Bedanya Musang Rase dan Musang Pandan ini, semoga bisa memberi manfaat dan tambahan informasi untuk anda semua. Jika ada pertanyaan silahkankan berikan komentar dibawah, sampai jumpa di artikel-artikel kami yang lain. Salam Sukses !

Artikel yang anda baca adalah Bedanya Musang Rase dan Musang Pandan dengan alamat link https://www.indoternak.com/2017/01/beda-musang-rase-dan-musang-pandan.html

Post a comment for "Bedanya Musang Rase dan Musang Pandan"

Subscribe Kami