Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Melatih Kakaktua Bicara

Cara Mudah Melatih Kakaktua Bicara

Cara Mudah Melatih Kakaktua Bicara

Semoga hari anda menyenangkan dan tidak membosankan, kali ini akan membahas sedikit cara - cara melatih burung kakatua anda agar bisa bicara. Kali ini akan fokus sama kakatua jambul kuning, orange sama jambul putih ya .

Karena untuk jenis kakatua yang lain belum pernah handle sendiri, untuk kakatua jambul kuning sudah pernah liat handle sendiri. Begitu pula sama Kakatua jambul orange sama jambul putih, mereka pinter sekali menirukan suara manusia.

Tapi perlu anda ingat, nggak semua kakatua bisa bicara ya contohnya Kakatua raja, belum pernah denger sendiri kalau kakatua raja bisa bicara, kabar dari teman, sosmed ataupun artikel manapun belum pernah denger kalau kakatua raja bisa bicara.

Kembali ke topik utama ya , yang perlu anda tau adalah Kakatua beda dengan Beo. Beo bisa menirukan suara manusia (bicara) tanpa diajari dengan rutin, maksudnya : di Beo bisa belajar menirukan suara dari keseharian si Beo itu dengar berulang - ulang, dia langsung bisa menirukan suara tersebut. Kalau Kakatua, kita harus rajin - rajin mengajarinya dengan rutin agar bisa menirukan suara manusia.

Akan sedikit share jadwal mengajari Kakatua agar bisa bicara :

1. Buat jadwal dalam secarik kertas untuk memudahkan pelatihannya. Contohnya seperti berikut ini :

Latihan pertama selama dua hari berturut-turut :
Pagi : SELAMAT PAGI (Good Morning)
Siang : SELAMAT SIANG (Have A good Day)
Sore : SELAMAT SORE (Hai Cantik)

note : didalam kurung hanya imbuhan agar tidak terlalu monoton :D

Latihan kedua selama dua hari berturut-turut

Pagi : APA KABAR (what's up??)
Siang : SAYA SENANG (I'm Happy)
Sore: WAKTUNYA PULANG (I'ts Time To Go Home)

note : didalam kurung hanya imbuhan agar tidak terlalu monoton :D

Lakukan hal yang sama pada hari-hari selanjutnya, dengan ucapan yang berbeda, sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

2. Tahap Pelatihan

Tempatkan kakatua di lokasi yang tenang dan tanpa gangguan atau suara dari luar. Tujuannya agar burung lebih fokus menerima pelatihan.
Selanjurtnya, Anda berdiri di depan kakatua, lalu bicaralah langsung padanya. Kata yang diucapkan harus pelan tetapi jelas didengar. Ulangi kata-kata tersebut sesuai dengan jadwal yang telah Anda tulis (tujuannya agar kakatua fokus pada kata - kata yang sering anda katakan untuk mengajarinya).

Kakatua akan kebingungan jika anda mengajari kata - kata tidak sesuai atau random, hal itu akan menyebabkan kakatua sulit untuk menerima pengajaran dari kita.

3. Anda bisa mengasosiasikan ucapan dengan tindakan yang diperlukan. Misalnya, jika anda ingin memberi makan burung, maka ucapkanlah ” AYO MAKAN ! ” atau ” WAKTUNYA MAKAN (time to eat)” beberapa kali.

4. Selama mengajari burung bicara, Anda juga bisa memperhatikan kata-kata yang menyenangkan mereka. Perhatikan pupil matanya, atau gerakan tubuhnya ketika Anda menyebut kalimat-kalimat tertentu, misal "good boy" (jika cowok) / "good girl" (jika cewek).

Setelah satu minggu atau lebih, kakatua akan mampu meniru 2 – 3 kalimat yang diajarkan. Jika Anda rajin melatihnya selama sebulan penuh, burung akan mampu meniru lebih banyak ucapan yang diajarkan.

Untuk batasan waktu disini nggak bisa nyimpulin hanya dalam seminggu , anda bisa menghabiskan waktu berminggu - minggu untuk mengajari Kakatua Bicara / bicara. Soalnya nggak semua Karakter dari Kakatua itu sama. ngajarin Kakatua dulu agar bisa bicara sampai 2 - 3 bulan, itupun baru bisa bicara "assalamu'alaikum".

Yang terpenting anda rajin dan disiplin agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal,. Tetap semangat :) USAHA NGGAK AKAN MENGKHIANATI HASIL.

Terimakasih telah membaca Cara Mudah Melatih Kakaktua Bicara

Demikian artikel Cara Mudah Melatih Kakaktua Bicara ini, semoga bisa memberi manfaat dan tambahan informasi untuk anda semua. Jika ada pertanyaan silahkankan berikan komentar dibawah, sampai jumpa di artikel-artikel kami yang lain. Salam Sukses !

Artikel yang anda baca adalah Cara Mudah Melatih Kakaktua Bicara dengan alamat link https://www.indoternak.com/2020/02/cara-mudah-melatih-kakaktua-bicara.html

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Melatih Kakaktua Bicara"

Follow by Email