Pengalaman Memelihara Betet Lolohan Atau Anakan

Pengalaman Memelihara Betet Lolohan Atau Anakan - Hallo sahabat Indoternak !! Artikel yang anda baca ini dengan judul Pengalaman Memelihara Betet Lolohan Atau Anakan, telah disiapkan dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Burung, Artikel Hobi, Artikel Pet, Artikel Unggas, kami ini dapat anda pahami dan bisa anda terapkan.

Judul : Pengalaman Memelihara Betet Lolohan Atau Anakan
link : Pengalaman Memelihara Betet Lolohan Atau Anakan

Nih Baca Juga


Pengalaman Memelihara Betet Lolohan Atau Anakan

Indoternak.com - Hallo ternakers pada artikel kali ini saya akan berbagi tentang pengalaman memelihara burung Betet. Sebelumnya mari kita berkenalan dahulu dengan burung paruh bengkok asli Indonesia ini yang memiliki alis dan jenggot tebal :D. Burung betet termasuk burung paruh bengkok, nama latin dari burung betet adalah Psittacula alexandri. Burung betet adalah burung yang memiliki warna dominan hijau. Burung betet adalah burung endemik asli Indonesia yang cantik dan pintar. Burung Betet jika kita bandingkan dengan burung luar negeri yang paling mirip dengan burung ini adalah burung IRN atau Indian ringneck, silahkan search google. Ada dua jenis burung betet yang ada di Indonesia, yaitu burung betet sumatra dan burung betet jawa. Kedua burung ini mmemiliki perbedaan yang cukup bisa dibedakan. Burung betet sumatra memiliki semacam seperti peci/topi dikepalanya dan jenggot sedangkan betet jawa memiliki alis yang tebal dan jenggot yang tebal juga. 
Berikut adalah foto perbedaan betet sumatra dan betet jawa :

perbedaan-burung-betet-jawa-betet-sumatra

Nah cukup jelas bukan perbedaannya hehehe :D, oke selanjutnya akan saya ceritakan tahap awal memelihara burung eksotik nan unik ini. Saya biasanya memelihara burung betet ini dari lolohan (diloloh/belum bisa makan sendiri perlu dibantu loloh/spet) atau anakan. Saya mendapatkan burung betet anakan dari teman teman ternak burung dan ada juga yang memang teman cari burung betet dihutan. 

anakan burung betet

Burung betet ini biasanya bersarang pada pohon dadap atau pohon-pohon yang cukup tinggi. Kembali lagi ketopik awal setelah mendapatkan burung betet sekarang kita siapkan tempat atau sarang buatan untuk burung betet kita, sebaiknya sih kita siapkan dulu sarang buatannya baru cari burungnya. Tempat atau sarang buatannya bisa kita gunakan kardus atau bisa juga ceting plastik yang didalamnya diisi dengan serutan kayu, serutan kayu bisa anda beli di toko burung atau pun di toko hewan peliharaan. Selanjutnya jangan lupa siapin makanan untuk si burung, anda bisa beli pakan lolohan di toko burung (bisa menggunakan lolohan lovebird) atau bisa juga membuat sendiri pakannya dengan memblender jagung manis dicampur dengan sun rasa beras merah karena betet sangat menyukainya.

anakan-betet-jawa


Pemberian makan burung betet dapat anda lakukan 2-3 kali sehari, anda bisa menggunakan spet untuk memudahkan anda memberikan pakannya. Spet adalah suntikan yang jarumnya diganti dengan karet pentil yang berfungsi untuk menyuntikkan (baca : meloloh) makanan ke anakan betet. Karakter betet berbeda dengan lovebird yang cenderung lincah, betet anakan kebanyakan biasanya cenderung lemot dan anteng. Makanan kesukaan burung betet dewasa adalah jagung manis, dijamin jika anda membelikan jagung manis kepada betet dewasa pasti langsung disergap dimakan olehnya. 

Burung betet dapat anda latih seperti burung paruh bengkok lainnya anda bisa melatihnya dengan banyak sekali skill, misal Jump to Me (jtm), Fly to Me (ftm), ataupun Freeflight (ff). Suara burung betet adalah "Toet, Toet, Tet toet dan seperti kucing bayi" menurut saya suaranya khas dan lucu juga hehehe. 

skill-burung-betet-paruh-bengkok

Harga kisaran burung betet adalah : 
-Betet anakan liar 550-750rb
-Betet anakan ternak 600-800rb
-Betet Dewasa liar galak 200-500rb
-Betet Dewasa Jinak 550-900rb
-Betet Dewasa Jinak dan ber Skill 1,5juta-2juta++ tergantung banyaknya skill
(harga bisa berbeda tergantung wilayah dan banyaknya populasi saat ini)

Cukup menggiurkan bukan harganya dan ini sangat-sangat menguntungkan apabila anda beternak burung betet ini, karena saat ini jumlahnya dialam jugasemakin menurun yang diakibatkan menipisnya lahan dan perburuan liar yang tidak jelas arahnya. Maka akan sangat menarik jika anda berhasil mengembangbiakkan burung betet ini, disamping untuk hobi yang menyenangkan juga bisa untuk menambahpenghasilan yang menguntungkan. :)

Mungkin sekian dahulu artikel yang saya tulis "Pengalaman Memelihara Betet Lolohan Atau Anakan" ini mudah-mudahan bermanfaat bagi anda. Apabila ada yang mau ditanyakan silahkan tulis dikomentar (jangan lupa centang NOTIF ME agar tahu kalau sudah saya jawab). Jangan lupa share dan like artikel ini agar teman anda juga bisa membaca tulisan ini denganpencet tombol SHARE yang disediakan hehhe. Salam Ternakers !!


Terimakasih telah membaca Pengalaman Memelihara Betet Lolohan Atau Anakan

Demikian artikel Pengalaman Memelihara Betet Lolohan Atau Anakan ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. Baiklah, sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya.

Artikel yang anda baca adalah Pengalaman Memelihara Betet Lolohan Atau Anakan dengan alamat link https://www.indoternak.com/2017/07/pengalaman-memelihara-betet-lolohan.html

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Pengalaman Memelihara Betet Lolohan Atau Anakan"

  1. Heleh itu dua jenis burung jg ad tedapat di kalimantan boss bukan jawa dan sumatra 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, saya tulis sesuai yang biasa di pake istilah di FJB ya betsum sama bejo mas hhha :D

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel